Makanan dan Minuman Khas Bulan Puasa

Makanan dan Minuman Khas Bulan Puasa – Bulan puasa atau bulan bulan suci Ramadhan sebentar lagi tiba, bulan penuh rahmat dan ampunan bagi para kaum muslim. Bulan puasa yang hanya datang 1 kali dalam 1 tahun ini memiliki tradisi yang unik, khususnya masalah makanan dan minuman. Makanan dan Minuman yang sering disajikan di bulan puasa biasanya berbeda dengan hari-hari biasa.

Makanan dan Minuman Khas Bulan Puasa

Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan membagikan beberapa jenis Makanan dan Minuman Khas Bulan Puasa.

  • Kolak

Minuman khas ramadhan yang selanjutnya adalah sebuah minuman yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa. Isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai, tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari minuman khas ramadhan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis.

Kolak

Kolak

Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadhan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya. Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang. Bahkan kolak pisang ini sangat pas jika di hidangkan pada saat berbuka, terlebih lagi jika makanan khas ramadhan ini di beri es.

  • Kurma

makanan khas ramadhan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang aslinya berasal dari tanah timur tengah. Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat yakni misalkan saja mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.

Kurma

Kurma

Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang ynag mengawali bukanya puasa dengan makanan khas ramadhan yang populer dengan nama kurma ini.

  • Cendol

Minuman khas bulan ramadhan yang ke tiga adalah sebuah minuman segar yang di namakan cendol yang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya cendol di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di mixing dengan santan, gula merah dan juga es batu. Biasanya warna dasar dari cendol adalah hijau putih, warna putih di hasilkan dari santan dan warna hijau berasal dari daun pandan.

Cendol

Cendol

Sampai saat ini cendol merupakan minuman khas ramadhan yang tidak bisa di pisahkan dengan menu berbuka puasa yang sangat menyegarkan. Anda bisa membuat cendol ini sendiri dengan mudah di rumah atau apabila anda tidak mau repot, anda bisa membeli minuman khas ramadhan ini pada orang jualan takjil di sekitar rumah anda.

  • Es Teh Tubruk

Biasanya saat tidak pada bulan Ramadhan, minuman ini kerap di jadikan minuman penutup yang sangat menyegarkan. Biasanya di sajikan di tempat makan atau warung makan sederhana sebagai teman nasi campur atau nasi pecel. Minuman es teh tubruk merupakan minuman yang selain menyegarkan ternyata juga menyehatkan, banyak sekali manfaat dari teh tubruk ini.

Es Teh Tubruk

Es Teh Tubruk

Cara membuatnya juga sangat mudah yakni campur teh tubruk, gula, air dan tambahan rasa seperti buah lemon untuk mendapatkan rasa yang khas, setelah itu aduk hingga merata. Langkah terakhir yakni tambahkan es agar teh tubruk anda menyegarkan dan melepas dahaga anda setelah seharian berpuasa.

  • Es Campur

Minuman segar di kala bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung sederhana. Salah satu minuman segar yang murah akan tetapi sudah cukup untuk melepas dahaga, terlebih lagi es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Es Campur

Es Campur

Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirip menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa. Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

  • Kolang-Kaling

Tentu anda sudah familiar bukan dengan minuman khas ramadhan yang satu ini? Bahkan Kolang-Kaling ynag kita bahas ini merupakan salah satu bahan yang di gunkan untuk campuran es buah. Uniknya minuman khas ramadhan ini bisa di jadikan sebagai camilan, unik bukan? Kolang-Kaling merupakan sebuah makanan yang terbuat dari biji pohon aren yang pada saat mentah mempunyai getah yang kental.

Kolang-Kaling

Kolang-Kaling

Kolang-Kaling ini mempunyai kadar air yang sangat tinggi dan di dalamnya terdapat beberapa kandungan lain seperti karbohidrat dan protein. Bahkan Kolang-Kaling mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi tubuh anda, yakni memperlancar pencernaan anda. Jadi selain mengandung air, Kolang-Kaling ini biasanya sangat populer dan menjadi makanan favorit saat bulan ramadhan.

  • Pisang Ijo

Salah satu minuman khas Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman manis khas Makassar yang di namakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang sangat enak. Jika di lihat sekilas, pisang yang di balut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau ini termasuk salah saru menu buka puasa yang sangat di nanti setiap orang. Biasanya di buat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti misalkan dari pandan.

Pisang Ijo

Pisang Ijo

Dengan di campur dengan kuah santan, sirup coco dan es serut membuat minuman khas ramadhan ini semakin segar. Akhir-akhir ini makanan khas ramadhan yang satu ini sangat populer di berbagai belahan indonesia, bahkan banyak sekali resep pisang ijo dan cara membuatnya yang tersebar di internet secara gratis.[ts]

Makanan dan Minuman Khas Bulan Puasa | admin | 4.5
Leave a Reply