Pengertian Pasar Monopoli & Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Pasar Monopoli, Pasar monopoli adalah bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja dan banyak pembeli. Peran perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti. Keuntungan yang didapatkan perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi normal. Tahukah kamu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Perusahaan memperoleh keuntungan melebihi normal diakibatkan tidak adanya persaingan karena perusahaan-perusahaan lain sulit untuk masuk bidang industri tersebut. Perusahaan yang mempunyai hak monopoli disebut monopolis.Pengertian Pasar Monopoli

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

  • Ciri pasar monopoli yang pertama adalah hanya terdapat satu penjual atau satu produsen
  • Pada pasar monopoli harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan.
  • Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.
  • Pada pasar monopoli hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
  • Pada pasar monopoli tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses

Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Monopoli

Kurva laba maksimum dalam pasar monopoli

Kurva laba maksimum dalam pasar monopoli

Keterangan:

Dalam menentukan laba maksimum, perusahaan harus menentukan harga dan output keseimbangan yang akan menghasilkan laba yang besar. Laba merupakan peneriman total (TR) dikurangi biaya total (TC). Laba maksimum perusahaan dicapai saat perusahaan memproduksi output yang mempunyai nilai penerimaan marginal (MR) sama dengan biaya marginal (MC). Dalam kurva di atas laba maksimum ditunjukkan pada titik Eyaitu tingkat output yang diproduksi sebesar Q. Daerah laba maksimum yang diperoleh perusahaan adalah daerah OQAPyang menunjukkan TRdikurangi OQBCyang menunjukkan TC, yaitu ditunjukkan pada daerah APBC.

Kurva kerugian dalam pasar monopoli

Kurva kerugian dalam pasar monopoli

Keterangan:

Kurva di atas menggambarkan keadaan pasar monopoli mengalami kerugian. Kerugian paling kecil jika di dalam pasar monopoli memproduksi sebanyak Q1, sebab pada tingkat produksi tersebut MR1 = MC1 . Adapun biaya total yang dikeluarkan adalah OQ1× OP1. Berdasarkan gambar kerugian terkecil ditunjukkan oleh P1 ABC. Apabila perusahaan monopoli memproduksi barang lebih besar atau lebih kecil dari Q1 , maka kerugian yang akan dialami perusahaan lebih besar lagi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Pasar Monopoli dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Pasar Monopoli & Ciri-Ciri Pasar Monopoli | admin | 4.5