Pengertian Pasar Oligopoli & Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Pasar Oligopoli & Ciri-Ciri Pasar Oligopoli. Silahkan disimka penjelasannya berikut ini secara lengkap.

Pasar oligopoli adalah pasar yang terdiri atas hanya beberapa perusahaan saja. Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar tersebut disebut duopoli. Oligopoli sering disebut sebagai persaingan di antara beberapa penjual (competition among the few).

definisi pasar oligopoli yaitu suatu pasar yang dimana penawaran satu jenis produk dikuasai oleh beberapa perusahaan. Biasanya jumlah perusahaan lebih dari dua, akan tetapi kurang dari sepuluh. Pasar oligopoli ini dasarnya dibagi menjadi dua bentuk, diantaranya pasar oligopoli dengan diferensiasi produk yaitu produk suatu perusahaan dibedakan dari perusahaan lainnya. Dan bentuk yang lainnya yaitu pasar oligopoli tanpa ada diferensiasi produk.Pengertian Pasar Oligopoli

Produk yang dihasilkan oleh produsen bersifat homogen, serta tidak dibedakan dengan perusahaan yang lain. Di pasar ini perusahaan atau produsen dapat bersaing secara langsung, tapi dapat pula melakukan merger (penggabungan).

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Ciri-ciri dari pasar oligopoli, diantaranya sebagai berikut dibawah ini:

  • Adanya beberapa produsen yang menguasai pasar.
  • Produk yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat juga berbeda corak.
  • Setiap produsen atau perusahaan cenderung untuk memberlakukan harga pasar yang umum.
  • Adanya kepemimpinan harga (price leader), oleh perusahaan atau produsen terbesar.

Contoh produk pasar oligopoli misalnya seperti: semen, air mineral, jasa penerbangan dan lain sebagainya.

Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Oligopoli

Dalam pasar oligopolis bersaing dalam hal jumlah perusahaan dan perilaku perusahaan tersebut.

Kurva laba maksimum dalam pasar oligopoli

Kurva laba maksimum dalam pasar oligopoli

Keterangan:

Pada kurva di atas permintaan ditunjukkan oleh kurva D. Pada tingkat harga Ptingkat harga tersebut biasanya diikuti oleh perusahaan lain dalam pasar oligopolis. Perusahaan akan memperoleh laba maksimum pada daerah PABC.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Pasar Oligopoli & Ciri-Ciri Pasar Oligopoli dari admin tongkis.com yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam masalah Ekonomi. [ts]

Pengertian Pasar Oligopoli & Ciri-Ciri Pasar Oligopoli | admin | 4.5