Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi

Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Psikologi dan Macam Macam PsikologiPsikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.

Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi

Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi

 

Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli

Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian psikologi, diantaranya:

  • Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
  • Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
  • Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Dapat diketahui bahwa pengertian psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas. 

Macam Macam Psikologi

Karena luasnya objek yang dipelajari psikologi, maka dalam perkembangannya ilmu psikologi dikelompokkan dalam beberapa bidang, yaitu :

  • Psikologi Perkembangan, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang terdapat pada tiap-tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya.
  • Psikologi Pendidikan, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.
  • Psikologi Sosial, ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitarnya.
  • Psikologi Industri, ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi.
  • Psikologi Klinis, ilmu  yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, dilihat dari aspek psikisnya.
  • Psikologi konseling. Ilmu Psikologi konseling masih berhubungan dengan ilmu psikologi klinis. Di ilmu psikologi ini kamu akan mempelajari hubungan antara terapis dengan klien. istilah mudahnya seperti konsultasi. Contohnya sikap apa yang perlu dilakukan ketika menghadapi sifat-sifat klien yang berbeda-beda, kemudian kamu pun akan mempelajari bagaimana cara menyampaikan informasi yang tepat kepada klien ketika sedang konseling.
  • Psikologi Abnormal. Psikologi Abnormal mempelajari tentang perilaku-perilaku individu yang menyimpang yang tak lazim dilakukan oleh orang normal. Contohnya: lesbi, Gay, clepto, psikopat, dan masih banyak yang lainnya. Misal ada seorang psikopat, di ilmu ini kamu akan mempelajari kenapa orang itu bisaberssikap seperti itu, lalu bagaimana cara menanganinya, dan lain sebagainya.
  • Psikologi Diagnostik. Psikologi Diagnostik ini ialah kajian ilmiah tentang berbagai macam metode yang bisa digunakan untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan untuk bisa memperlakukan manusia dengan lebih bijaksana. Contohnya Psikodiagnostik, metode itu dilakukan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan maksud gar bisa memberikan pertolongan secara lebih tepat dan akurat.
  • Psikologi Faal. Mungkin kamu masih asing dengan istilah Faal. Dalam ilmu psikologi, Psikologi Faal ialah ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia yang berkaitan dengan fungsi dan kerja organ-organ dalam tubuh. Contohnya mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika sedang menangis, tertawa, marah, dan lain-lain. Karena itu ketika kamu akan mendalami ilmu psikologi faal ini, kedepannya ketika sedang menangani sebuah studi kasus, kamu akan lebih memerhatikan pengaruh kondisi biologis atau faal seseorang terhadap tindakan atau perilaku orang tersebut. Misal ketika orang tersebut sering marah atau kesal, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya, begitupun ketika sedih atau bahagia, dan lain-lain.
  • Psikologi Umum, Yang dimaksud dengan psikologi umum ialah ilmu tentang yang mempelajari tingkah laku manusia. Biasanya mempelajari tentang keadaan emosi, kepribadian, pembentukan karakter, memori, intelegensi, dan masih banyak yang lainnya. Ilmu psikologi umum ini hampir mencakup semua tentang psikologi, namun hanya secara umumnya saja tidak mendalam. Misal kamu ingin belajar tentang psikologi pendidikan, maka kamu harus mendalami ilmu psikologi pendidikan secara langsung. Jadi ilmu psikologi umum ini hanya membahas secara umumnya saja.
  • Psikologi Kepribadian. Hampir sama dengan psikologi perkembangan, ilmu psikologi kepribadianpun membahas tentang karakter-karakter diri, sifat-sifat yang ada dalam diri, dan sesuatu yang berhubungan dengan yang ada dalam diri. Hanya saja yang membedakan ilmu psikologi kerpibadian ini dengan psikologi perkembangan ialah didalam ilmu ini, bagaimana sifat yang kita miliki itu bisa menyesuaikan dengan lingkungan kita tinggal. Misal bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang setipe kepribadiannya dengan kita, terus dengan orang yang berlawanan tipe kepribadiannya dengan kita, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ilmu ini sangat berkaitan dengan llmu psikologi perkembangan dan sosial.

Baca :

Demikianlah info Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Psikologi dan Macam Macam Psikologi | admin | 4.5