5 Tips Supaya Anak Tidak Terlambat Berangkat Ke Sekolah

5 Tips Supaya Anak Tidak Terlambat Berangkat Ke Sekolah – Sekolah merupakan kewajiban seorang anak untuk mendapat ilmu pengetahuan sesuai dengan jenjang pendidikan. Selain ilmu pengetahuan, di sekolah seorang anak akan dipersiapkan dan di didik guna memperoleh keterampilan, budi pekerti dan meningkatkan ketakwaaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selanjutnya mampu membekali diri menuju ke arah pendidikan yang lebih tinggi sebagai bekal hidup di masyarakat.

Karena begitu pentingnya manfaat sekolah ada satu hal yang harus ditanamkan dan dibiasakan oleh seorang anak sebelum menejalani aktivitas sekolah yang padat. Yakni berangkat sekolah. Karena sekolah tempat untuk melatih kedisiplinan kadang ada beberapa sekolah yang menerapkan untuk memberikan hukuman tersendiri untuk siswa yang datang terlambat. Untuk mengatisipasi hal tersebut maka sebagai orang tua wajib memberikan arahan yang tepat sehingga anak tidak datang terlambat ke sekolah.

5 Tips Supaya Anak Tidak Terlambat Berangkat Ke Sekolah

5 Tips Supaya Anak Tidak Terlambat Berangkat Ke Sekolah

 

Melalui tulisan ini, berikut akan dijabarkan beberapa cara supaya anak tidak terlambat ketika berangkat ke sekolah :

1. Siapkan Jadwal, Buku Sekolah dan Perlengkapannya di Malam Hari.

Dengan jadwal yang sangat sederhana ini, dapat membantu anak supaya tidak terlambat ke sekolah. Usahakan menata jadwal maupun perlengkapan sekolah di pagi – pagi hari sekali atau kalau bisa di malam hari sebelum anak tidur istirahat malam. Banyak yang sering melupakan kegiatan sederhana ini tapi jarang dilakukan, sehingga kegiatan menata jadwal pelajaran ini harus dibiasakan mulai saat ini. Bisa karena biasa, biasa karena pembiasaan. Sehingga dalam menepati jadwal itupun kita harus berusaha sekuat mungkin untuk memulainya.

2. Niat dan Kemauan Meninggalkan Kebiasaan Buruk.

Semua adalah berawal dari niat dari diri sendiri, jadi tidak akan terjadi perubahan tanpa ada niat dari dalam hati anak sendiri. Mulai sekarang mulai dibiasakan atau diterapkan untuk mendorong untuk mengubah kebiasaaan buruk anak. Kebiasaan tersebut diantaranya nonton televisi hingga larut malam, main kerumah teman hingga larut malam, bermain dengan Komputer atau Ipad (game) hingga larut malam dan lain sebagainya.

3. Tidur Lebih Awal dan Jangan Bergadang.

Pastikan dan Biasakan anak tidur sebelum jam 10 malam serta usahakan istirahat dengan waktu yang cukup, tak berlebihan namun juga tidak kurang istirahat. Berikan pula pengertian kepada anak jika bergadang tidak baik untuk kesehatan dan kegiatan belajar keesokan harinya.

4. Siapkan Alarm atau Benda – Benda Yang Bisa Membangunkan Anak Di Pagi Hari.

Sebagai alternatif gunakanlah benda – benda diatas untuk membangunkan anak anda. Benda ata barang tersebut mampu membuat anak terkejut. Hal tersebut akan membuat anak terpaksa untuk bangun. Mungkin untuk permulaan memang terasa berat. namun jika sudah sering dipaksa seperti itu maka akan terbiasa dan menjadi sebuah kebiasaan. Atau bahkan jam alarm belum berbunyi pun anak sudah bangun dengan sendirinya.

Jika anak terbiasa bangun jam 05:00 lebih, usahakan supaya anak dapat bangun lebih awal. Apabila anak bangun pukul 05:00 lebih selain membuat kerepotan dalam menata persiapan sekolah juga bagi seorang muslim riskan dalam melaksanakan ibadah Sholat Shubuh.

Baca :

5. Lakukan dan Aplikasikan Semua Hal Diatas.

Semua tips diatas tidak akan bermanfaat apabila anda dan anak anda tidak dijalankan. Peran Orang Tua sangatlah besar dalam menyikapi hal ini. Ajari anak anda untuk belajar bagaimana menghargai waktu. Sedikit  demi sedikit, awalnya karena terpaksa namun lama kelamaan akan menjadi kebutuan bagi sang anak itu sendiri. Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk anda dan keluarga. [ts]

5 Tips Supaya Anak Tidak Terlambat Berangkat Ke Sekolah | admin | 4.5