7 Tips Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tips Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol TinggiKolesterol merupakan lemak darah yang terdapat di dalam tubuh yang bermanfaat untuk  pembentukan dinding sel dan juga pembentukan hormone hormone tertentu. Kolesterol terdiri dari 2 jenis yaitu kolesterol baik atau HDL dan lokesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat atau LDL merupakan lemak yang dapat menempel di dinding didalam pembuluh darah manusia, terutama menimbun pembuluh darah yang menyuplai asupan makanan ke jantung serta otak. Dengan semakin banyaknya penimbunan maka akan menyebabkan penyumbatan aliran darah sehingga dapat mnyebabkan berbagai penyakit.

Sedangkan kolesterol HDl di sebut kolesterol baik karena mampu untuk mengangkut serta membersihkan timbunan lemak yang di akibatkan oleh lemak jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati. HDL ideal untuk seorang wanita harus lebih tinggi dari 50 mg/dl dan untuk laki laki 40 mg/dl. Kolesterol yang tinggi biasanya di picu oleh kebiasaan merokok, kegemukan, diabetes dan lain sebagainya.

7 Tips Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol TinggiMengatasi dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Apabila anda memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya anda perlu melakukan perubahan. Melakukan perubahan lebih baik di bandingkan anda mengobatinya, karena kolesterol jahat tidak dapat sembuh secara sempurna.

7 Tips Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Inilah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat di lakukan :

1. Mengetahui kadar kolesterol itu sendiri.

Mengetahui kadar kolesterol sangatlah penting, agar anda dapat lebih waspada. Datanglah kedokter, Periksakan kadar kolesterol anda secara rutin kemudian konsultasikan secara intensif sehingga anda dapat mengetahui langkah yang harus anda ambil.

2. Menjaga berat badan.

Berat badan yang berlebihan lebih beresiko terkena kolesterol tonggi, apabila anda memiliki berat badan berlebih maka mulailah untuk menjaga dan menurunkan berat tetap stabil. Seimbangkan antara asupan yang masuk dan yang dikeluarkan oleh tubuh kita.

3. Berolahragalah dan melakukan Aktifitas rutin

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol tinggi  yaitu dengan melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Apabila anda tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga maka gerakanlah tubuh anda di setiap kegiatan anda. Atau cukup Lakukanlah minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga ga harus mahal anda pergi ke gym atau pusat kebugaran. Banyak cara olahraga yang baik dilakukan untuk mengurangi berat badan diantaranya adalah lari-lari, sit-up, push-up, lompat tali dan lain sebagainya.

4. Minum Setidaknya 5 – 8 Gelas Air Putih Setiap Hari

Air akan berguna mengurangi selera makan anda dan membantu badan dalam me metabolisme lemak di dalam tubuh. Minumlah air putih sebelum makan, ini akan membuat anda mengurangi porsi makan anda. Karena air akan membantu mensugesti kepada syaraf otak kita bahwa perut sudah penuh dan tidak mengisi dengan makanan secara berlebihan

5. Sarapan Pagi.

Menurut sumber suatu kajian, orang yang tidak atau jarang makan pagi akan cenderung mengalami obesitas dari pada yang melakukan sarapan pagi. Ketika sarapan pagi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak sebanyak anda ketika anda makan siang. Jika anda melakukan sarapan pagi maka ketika anda makan siang juga porsinya serta kalorinya tak akan sebanyak biasanya. Sarapan pagi membantu menstabilkan hormon dan gula di dalam darah.

6. Kurangi kadar garam dan Gorengan dalam menu makanan anda.

Kadar garam yang tinggi menyebabkan proses penyerapan air dalam tubuh sedikit terhambat. Sedangkan gorengan dapat membawa kandungan minyak yang banyak untuk tubuh ketika dikonsumsi dan kolesterolpun berbanding lurus dengan minyak yakni akan semakin banyak juga sehingga menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan.

7. Mengkonsumsi makanan yang berserat.

Banyak sekali makanan yang baik untuk anda seperti sayur sayuran hijau, kacang – kacangan, buah buahan, susu rendah lemak dan lain lain. Anda juga dapat mengganti konsumsi beras putih menjadi beras merah. Makanan berserta berguna karena dapat mengikat lemak jadi lemak yang tidak berguna dapat terbawa saat kotoran dibuang.

Baca :

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat anda lakukan, semoga informasi ini dapat membantu anda. Jika dilihat dari keseluruhan tips yang ada lebih di fokuskan atau tinggi rendahnya kolesterol tergantung terhadap pola makan kita sehari – hari. Kesehatan itu mahal harganya. Tetap selalu jaga kesehatan anda agar anda bisa beraktifitas lancar dan sehat. [ts]

7 Tips Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol Tinggi | admin | 4.5