Cara Identifikasi Masalah Pokok Ekonomi di Masyarakat

Cara Identifikasi Masalah Pokok Ekonomi di Masyarakat – Dalam menghadapi kelangkaan sumber daya, seseorang harus menetapkan pilihan terbaik dari berbagai kemungkinan pilihan yang bisa dilakukan. Nah, untuk menganalisis penentuan pilihan dan permasalahan ekonomi dapat digunakan beberapa metode pedoman dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut.

1. Apa yang akan Diproduksi (What)?

Pertanyaan ini menyangkut tentang barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi. Jadi, pertanyaan ”what” untuk menentukan penggunaan satu sumber daya tertentu dan apa yang akan dihasilkan. Sebagai contoh adalah penggunaan sebidang tanah. Apakah tanah tersebut akan digunakan sebagai lokasi pabrik, perumahan, atau lahan pertanian? Manakah yang lebih penting dan lebih dibutuhkan? Seandainya kebutuhan utama adalah pengadaan bahan makanan, maka tanah tersebut akan digunakan sebagai lahan pertanian. Selanjutnya muncul pertanyaan, tanaman apa yang akan ditanam, padi, jagung, atau singkong? Berapa banyak hasil yang diperlukan?Cara Identifikasi Masalah Pokok Ekonomi di Masyarakat

2. Bagaimana Cara Produksinya (How)?

Setelah Anda menjawab pertanyaan pertama, pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana cara memperoleh atau memproduksi barang yang diinginkan tersebut. Ya, pertanyaan ”how” untuk menentukan bagaimana sumber daya disediakan, dialokasikan, dan dikombinasikan agar mendapat hasil yang maksimal. Artinya, hasil yang diinginkan lebih banyak daripada biaya yang dikeluarkan. Mengapa pertanyaan ”how” juga harus dijawab untuk memecahkan masalah ekonomi? Jawaban pertanyaan ini sangat berkaitan dengan penggunaan teknik yang tepat dalam memproduksi suatu barang, sehingga mampu menghasilkan produk yang paling efisien. Berbagai faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan mengenai hal ini antara lain :

  • Pilihan kombinasi sumber daya yang digunakan, yaitu sumber daya alam, manusia, dan modal.
  • Perencanaan proses produksi untuk mendapatkan keuntungan maksimum dengan biaya tertentu.
  • Penentuan teknologi yang digunakan. Kemungkinan pilihannya adalah dengan intensifikasi tenaga kerja (padat karya) atau intensifikasi modal (padat modal). Pada proses produksi padat karya, jumlah tenaga kerja yang digunakan sangat banyak sehingga ada perluasan kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran. Proses produksi padat modal menggunakan peralatan, mesin, dan teknologi canggih. Manfaatnya, produksi menjadi cepat, murah, dan efisien. Dampak negatifnya adalah tenaga kerja menjadi tergantikan sehingga menyebabkan pengangguran.
  • Pertimbangan faktor-faktor eksternal seperti harga, perekonomian nasional dan internasional, tingkat suku bunga, biaya produksi, inflasi, kurs valuta asing, dan sebagainya

Baca :

3. Untuk Siapa Di Produksi (For Whom)?

Di sekitar tempat tinggal Anda mungkin terdapat industri rumah tangga. Dari kegiatannya, sebenarnya industri tersebut memproduksi barang untuk siapa? Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri ataukah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri? Jika untuk konsumsi di dalam negeri, masyarakat manakah yang menjadi target penjualan? Kemudian, bagaimana pendistribusiannya, apakah melalui koperasi, pasar, toko, atau membeli langsung dari produsen? Inilah contoh penggunaan pertanyaan for whom dan manfaatnya.

Referensi : Buku BSE Ekonomi Kelas X SMA/MA Nurhayatiningtyas 2009.

Cara Identifikasi Masalah Pokok Ekonomi di Masyarakat | admin | 4.5