Cara Mencegah Penyakit Dermatitis dari SehatQ.com

Cara Mencegah Penyakit Dermatitis dari SehatQ.com – Penyakit kulit yang disebabkan oleh bahan / substansi dan proses yang dilakukan di tempat kerja yang umumnya dikenal sebagai dermatitis dan biasanya melibatkan radang kulit. Sebagian besar penyakit kulit ini disebabkan karena kontak dengan agen berbahaya, oleh karena itu disebut dengan disebut dermatitis kontak. Beberapa reaksi dapat terjadi ketika kondisi patologis diproduksi di kulit karena kontak dengan agen kemikal, seperti urtikaria, jerawat, hipopigmentasi atau hiperpigmentasi, photosensitive, atropi, purpura, ataupun eczema. Terdapat dua macam dermatitis yang sering disebabkan oleh pekerjaan yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan.Cara Mencegah Penyakit Dermatitis dari SehatQ.com

Cara Mencegah Penyakit Dermatitis dari SehatQ.com

Secara umum untuk mencegah penyakit dermatitis SehatQ.com memberikan 5 cara untuk mencegahnya, berikut cara-caranya.

Hindari atau minimal mengurangi menggaruk kulit karena dapat memunculkan luka yang terbuka sehingga memunculkan risiko infeksi kulit.

  • Hindari terjadinya kulit kering, bisa dilakukan dengan cara mandi tidak begitu lama, menggunakan produk sabun yang mampu meningkatkan kelembapan kulit, hindari mandi dengan air dengan suhu cukup tinggi
  • Melembanpkan kulit dengan menggunakan pelembap berbahan dasar minyak atau air, agar kelembapan kulit terjaga
  • Pola makan yang sehat dan hindari stress yang berlebihan
  • Menggunakan pakaian savety ketika bekerja dengan bahan iritan yang bisa menyebabkan dermatitis

Cara Mencegah Penyakit Dermatitis Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Penyakit kulit yang disebabkan oleh pekerjaan adalah sebuah masalah yang menyebar luas, Di samping begitu banyaknya mekanisme perlindungan, kulit tetap terbuka terhadap bahan iritan baru yang ditemukan di tempat kerja. Akhirnya, banyak pekerja dengan pekerjaan berbeda menderita penyakit kulit yang disebabkan oleh pekerjaan.

Penting untuk memahami pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja dengan penyakit kulit. Beberapa pekerjaan seperti tukang cukur, pembantu rumah tangga, perawat dan pekerja medis, dokter gigi, penjual bunga, dan pekerja kantor merupakan pekerjaan yang rentan dapat menyebabkan penyakit kulit.

Strategi yang paling baik dalam menghadapi penyakit kulit adalah dengan melakukan pencegahan. Ini merupakan usaha multi disiplin yang memerlukan perencanaan dari atasan, karyawan, pejabat pemerintah, dan personil perawatan kesehatan untuk mengembangkan langkah-langkah pencegahan. Tanggung jawab untuk pencegahan penyakit kulit pekerjaan bersandar pada sejumlah individu, termasuk toksikologis, kimia dan keselamatan insinyur, manajemen manufaktur, industri higienists, pekerja, pemerintah regulator dan ilmuwan, dan penyedia layanan kesehatan. Ini merupakan kerjasama antara berbagai individu untuk mencegah penyakit kulit karena pekerjaan. Hal ini mencakup identifikasi material berbahaya dan juga pekerja dengan resiko tinggi.

Dermatitis kontak alergi (DKA) adalah merupakan reaksi peradangan yang terjadi pada seseorang yang telah mengalami sensitisasi terhadap suatu allergen.

Dermatitis kontak iritan (DKI) adalah reaksi peradangan kulit nonimunologik, sehingga kerusakan kulit terjadi langsung tanpa didahului proses sensitisasi. Agen korosif menyebabkan kematian sel-sel epidermal sehingga bermanifestasi seperti luka bakar akibat bahan kimia.

Terdapat beberapa peluang intervensi untuk mencegah dermatitis kontak akibat pekerjaan. Dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi bahan berbahaya dan juga identifikasi pekerja dengan resiko tinggi.

Pekerja Pertanian

Pekerja pertanian yang terkena banyak bahan alami dan sintetis tergantung pada pekerjaan yang mereka lakukan dan tanaman atau ternak dibesarkan. Identifikasi dan menghindari agen iritasi dan alergen dapat membantu dalam mencegah dermatitis kontak.

Pekerja Konstruksi

Mempertimbangkan penggunaan sarung tangan agar tangan tetap bersih. Fasilitas yang agar mereka tetap bersih dan bekerja dengan baik, serta mendorong pekerja untuk melaporkan setiap terjadinya dermatitis.

Dokter Gigi

Melindungi diri dengan sarung tangan dan menggunakan teknik “no-touch” untuk mencegah kontak dengan agen iritan dan alergen. Pekerja yang Berhubungan dengan Makanan Pencegahan dermatitis pada para pekerja yang berhubungan dengan makanan merupakan suatu tantangan. Menghindari makanan yang menyebabkan iritasi dan mengurangi cuci tangan diperlukan. Memakai sarung tangan mungkin tidak praktis, tapi sarung tangan harus digunakan jika mungkin.

Penata Rambut

Pencegahan dermatitis pada penata dapat dilakukan dengan menggunakan pelembab, sarung tangan sekali pakai untuk keramas, bleaching, menghindari nikel pada perhiasan dan alat-alat, dan juga menjaga tempat kerja bersih.

Pembantu Rumah Tangga

Pencegahan dimulai dengan penggunaan bahan pembersih pada saat yang tepat. Sabun, deterjen, dan disinfektan harus digunakan dalam konsentrasi direkomendasikan oleh produsen. Sarung tangan pelindung harus digunakan setiap kali penanganan produk iritasi.

Cara Mencegah Penyakit Dermatitis dari SehatQ.com | admin | 4.5