Cara Mengatasi Rasa Takut ketika Melahirkan

Cara Mengatasi Rasa Takut ketika Melahirkan – Mengandung yang dijalani selama 9 bulan jelas akan menguras banyak tenaga, materi, dan juga pikiran sang ibu. Setelah melalui itu semua, maka kini saatnya untuk mengakhiri penantian lama tersebut melalui proses bernama melahirkan.

Melahirkan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para calon ibu. Namun tak sedikit pula diantara mereka yang justru merasa khawatir dan takut akan rasa sakit dari melahirkan itu.

Ketakutan ini bisa datang dengan sendirinya ataupun karena mendengarkan cerita orang lain. Ada perasaan takut jika ia meninggal, disalahkan, atau berbagai hal lainnya.

Cara Mengatasi Rasa Takut ketika Melahirkan

Cara Mengatasi Rasa Takut ketika Melahirkan

Note:

Tubuh seorang wanita sudah diciptakan secara sempurna untuk melahirkan. Jika terjadi komplikasi saat melahirkan, maka dokter akan membantu sebisa mungkin dengan peralatan medis yang canggih.

Jika Anda takut tidak mampu bertahan ataupun takut meninggal, sebaiknya pahami hal berikut:

1. Percaya Diri

Mengatasi rasa takut melahirkan bisa juga dilakukan dengan memupuk rasa pecaya diri. Bagi Anda yang baru pertama kalinya melahirkan, hal ini jelas akan sangat menakutkan.

Namun bagaimanapun juga, Anda tetap harus melalui proses ini. Untuk itu, persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin dalam menghadapi persalinan.

Mintalah dukungan dari para keluarga, terutama dari sang suami tercinta. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih percaya diri dan siap untuk menjalani persalinan.

2. Mengemukakan Rasa Takut

Ada kalanya Anda akan merasa malu jika rasa takut melahirkan ini diketahui oleh orang lain. Anda tidak ingin hal ini menjadi semacam kelemahan sehingga berusaha menutupinya dengan melakukan hal-hal lain.

Namun ada baiknya jika Anda tidak berusaha untuk menutupi rasa takut tersebut. Sampaikan hal ini kepada pasangan ataupun anggota keluarga lain yang sudah pernah melalui proses melahirkan.

Mereka akan membantu Anda dengan memberikan masukan ataupun petunjuk mengenai apa yang harus Anda lakukan nantinya.

3. Memahami Proses Melahirkan

Apabila Anda sudah paham betul mengenai bagaimana jalannya sebuah proses persalinan, maka kondisi mental Anda akan semakin siap untuk menghadapinya.

Untuk itu, perbanyaklah melakukan konsultasi atau membaca buku, sehingga Anda mengetahui seperti apa bentuk dari persalinan itu.

4. Bayangkan Bayi Anda

Melahirkan merupakan perjuangan yang luar biasa, dimana sang ibu berada pada kondisi hidup atau mati. Rasa sakit dan nyeri akan terjadi selama berjam-jam, bahkan bisa hingga belasan jam.

Baca :

Namun bagaimanapun juga, proses ini tetap harus Anda lalui. Keselamatan sang bayi merupakan prioritas yang utama.

Maka dari itu, bayangkanlah wajah mungil dari bayi Anda ketika lahir nanti. Seandainya ia bisa berbicara, maka ia akan mengucapkan terima kasih karena sudah melahirkannya dengan sabar. [ts]

Cara Mengatasi Rasa Takut ketika Melahirkan | admin | 4.5