Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare

Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi informasi mengenai Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare

Seyogyanya kotoran Kucing Anggora itu bertekstur sedang. Artinya tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. Apabila kotoran yang dikeluarkan Kucing Anggora terlalu keras atau terlalu encer maka ini merupakan salah satu indikasi penyakit dari Kucing Anggora. Bila kotoran Kucing Anggora terlalu lembek, itu artinya si Kucing Anggora mengalami diare atau masih gejala.Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare

Penanganan Diare/kotoran Lembek Kucing Anggora

Kali ini kita akan membahas masalah diare pada Kucing Anggora. Namun sebelum memberikan penanganan diare pada Kucing Anggora, baiknya kita mengetahui penyebab si Kucing Anggora mengalami diare tersebut. Karena ada kemungkinan beda penyebab maka beda pula cara merawat kucing anggora. Hal ini perlu diperhatikan agar pengobatan yang diberikan tidak malah menjadikan si Kucing Anggora semakin sakit.Berikut adalah beberapa penyebab umum yang terjadi hingga menyebabkan Kucing Anggora mengalami diare.

  • Dikarenakan Virus, virus yang mengakibatkan diare adalah infeksi virus rotavirus dan adenovirus.
  • Dikarenakan perubahan jenis makanan yang dikonsumsi si Kucing Anggora. Adanya perubahan ini seperti membuat terkejut sistem pencernaan hewan berkumis ini. Jadi sebaiknya bila anda akan mengubah jenis makanan si Kucing Anggora, berikan perubahan secara pelan dan bertahap.
  • Makanan yang buruk, kotor dan tidak sehat. Ada beberapa jenis makanan yang tampak sehat bagi hewan lain atau manusia tapi justru tidak baik bagi si Kucing Anggora. Hal ini akan kita bahas di kesempatan lain.
  • Adanya perubahan pada lingkungan seperti iklim dan cuaca tempat tinggal si Kucing Anggora. Misalkan anda baru pindah rumah atau tempat kerja dan membawa serta si Kucing Anggora.

Penanganan Pertama Kucing Anggora Diare/Kotoran Lembek

Jika Kucing Anggora anda mengalami diare maka segera bawa dan konsultasikan ke dokter hewan terdekat. Namun jika anda merasa penyakit si Kucing Anggora belum terlalu parah atau karena lain hal, anda bisa melakukan beberapa langkah darurat sebagai berikut:

  • Berikan Kucing Anggora makanan tempe. Di sini tempe berfungsi sebagai makanan nabati dan alami yang diharapkan mampu mengontrol mikroorganisme penyebab sang Kucing Anggora diare. Caranya ialah dengan mencampurkan tempe pada makanan Kucing Anggora. Tempe terlebih dahulu dipotong kecil-kecil dan disatukan dengan makanannya. Bila Kucing Anggora tidak suka, bisa disiasati dengan merebus tempe dengan kaldu ayam atau cara lain yang anda pahami bisa membuat si Kucing Anggora jadi suka.
  • Cara kedua ialah dengan mempuasakan si Kucing Anggora. Tujuannya adalah untuk menetralisir perut atau pencernaan si Kucing Anggora tadi. Tapi jangan terlalu lama. Durasi puasa Kucing Anggora dewasa adalah 24 jam atau satu hari. Sedangkan untuk anak Kucing Anggora cukup setengah hari atau 12 jam. Cukup berikan air putih agar si Kucing Anggora tidak kehilangan cairan tubuhnya.
  • Ubah makanan si Kucing Anggora bila ternyata penyebabnya adalah jenis makanan yang tidak sesuai dengannya.

Baca :

Semoga artikel Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare dapat membantu anda dalam mengatasi masalah diare, mencret atau kotoran lembek/encer pada Kucing Anggora kesayangan anda. Bila ada keberanian, anda juga bisa bereksperimen dengan memberikan obat diare manusia. Beberapa pengalaman pemilik Kucing Anggora mengatakan hal ini juga manjur. Namun langkah terbaik tetap harus anda serahkan pada ahlinya yaitu dokter hewan jika tips di atas tidak bisa mengatasi mencret/kotoran lembek pada Kucing Anggora anda. [ts]

Cara Merawat Kucing Anggora yang Mengalami Diare | admin | 4.5