Definisi Hewan Peliharaan dan Ciri-Ciri

Definisi Hewan Peliharaan – Hewan adalah mahluk tuhan yang di ciptakan untuk menemani kehidupan manusia, dimana keberadaan hewan di muka bumi ini juga sangat banyak membantu sekali bagi keberlangsungan hidup manusia itu sendiri, dan seperti yang kita ketahui hewan-hewan yang terdapat di muka bumi ini ada yang di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita, ada yang di jadikan hewan peliharaan, dan ada juga yang di jadikan sebagai bahan makanan bagi kita.

Definisi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan atau hewan timangan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan timangan berbeda dari hewan ternak, hewan percobaan, hewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu. Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah. Walaupun secara teori seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, dalam prakteknya hanya spesies-spesies tertentu saja yang sering dijumpai, terutama hewan kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan.Definisi Hewan Peliharaan

Ciri Ciri Hewan Peliharaan

Hewan ini dapat kita golongkan atau dapat kita kelompokan dalam berbagai hal, misal nya dari jenis makanan nya, dari tempat kehidupan nya, dari ciri tubuh nya, dari cara berkembangbiak nya, dari cara bernapas nya dan dari cara bergerak nya, nah untuk lebih jelas nya kita bahas satu per satu.

1. Jenis makanan

Jika dilihat dari jenis makanan yang biasa di makan oleh binatang atau hewan ini ada tiga jenis hewan yaitu Karnivora, omnivora dan herbivora. Karnivora adalah hewan pemakan daging, contoh nya adalah anjing, singa, sejenis kucing, dan harimau, sedangkan hewan omnivora yaitu hewan pemakan segala atau tumbuhan dan daging contoh hewan nya yaitu musang, bebek dan ayam, dan yang terakhir yaitu herbivora, herbivora yaitu hewan pemakan tumbuhan misal nya kambing, kerbau, sapi dan kuda.

2. Tempat kehidupan

Untuk tempat nya, hewan ini juga terdapat tiga tempat yaitu darat, air dan ampibi atau dapat hidup di darat dan dapat pula hidup di air.

3. Ciri Tubuh

Hewan-hewan yang terdapat di muka bumi yang sering kita temukan tentu nya mempunyai ciri tubuh yang berbeda-beda, misalnya ada yang bersisik seperti ular dan ikan, ada pula yang memiliki bulu seperti kambing, kucing dan lain-lain, ada juga yang berkulit lendir seperti katak dan salamander, ada juga yang mempunyai cangkang seperti siput kura-kura dan kerang.

4. Cara berkembangbiak

Cara berkembangbiak hewan ini terbagi lima kelompok, yaitu yang pertama bertelur seperti burung, bebek, ayam, dll. Yang kedua beranak seprti kambing, ,sapi, kerbau, kuda, dll. Ketiga ada juga yang membelah diri, yang keempat yaitu beranak dan bertelur, dan yang terakhir atau yang kelima yaitu dengan cara bertunas.

5. Cara pernapasan

Untuk pernapasan yang di gunakan oleh hewan juga berbeda-beda, misalnya ada yang menggunakan insang seperti ikan, ada juga yang menggunakan kulit nya seperti cacing, ada pula yang menggunakan paru-paru seperti katak, terus ada juga yang menggunakan trakhea seperti kupu-kupu, belalang dan semut.

6. Cara pergerakan

Dari cara pergerakannya terdapat beberapa jenis atau gaya yaitu ada yang berjalan, melompat, melata, terbang, berenang, memanjat dan bergelantungan.

Baca :

Dari semua jenis hewan di atas tentu nya ada hewan yang bermanfaat dan ada juga hewan yang merugikan bagi umat manusia misal nya nyamuk, belalang, dan sebagai nya, nah hewan tersebut itu mungkin bagi sebagian orang merugikan terutama belalang dan nyamuk, tapi ada pula hewan yang menguntungkan, mungkin anda juga dapat membedakan nya, mana hewan yang menguntungkan dan mana hewan yang merugikan. [ts]

Definisi Hewan Peliharaan dan Ciri-Ciri | admin | 4.5