Hewan Langka di Indonesia yang dilindungi

Hewan Langka di Indonesia – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Hewan Langka di Indonesia. Banyak yang tidak mengetahui tentang Hewan Langka di Indonesia, hal ini berakibat sangat fatal terhadap kelangsungan hidup Hewan Langka ini.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan kekayaan alam mulai dari aneka flora dan fauna baik kekayaan dari laut, hutan dan keindahan alamnya yang dapat menjakan mata. Indonesia sendiri memiliki beberapa kumpulan hewan langka yang sampai saat ini populasinya sangat sedikit, maka tak heran jika beberapa hewan langka ini dilindungi.

Hewan Langka di Indonesia yang dilindungi

Berikut ini beberapa Hewan Langka di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah.

  • Kura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalon yuwonoi) atau Sulawesi Forest Turtle; Kura-kura endemik sulawesi yang pernah terdaftar sebagai The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011 dengan populasi kurang dari 250 ekor.

    Kura-kura Hutan Sulawesi

    Kura-kura Hutan Sulawesi

  • Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) atau Sumatran Rhinoceros; Merupakan badak bercula dua yang populasinya diperkirakan tidak lebih dari 275 ekor.

    Badak Sumatera

    Badak Sumatera

  • Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) atau Javan Leopard; Disebut juga Macan Kumbang dengan jumlah populasinya diperkirakan di bawah 250 ekor (IUCN 2008).
    Macan Tutul Jawa

    Macan Tutul Jawa

     

  • Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) atau Irrawaddy Dolphin; Merupakan mamalia air tawar yang unik. Di Indonesia hidup di Sungai Mahakam dengan populasi sekitar 70 ekor.

    Pesut Mahakam

    Pesut Mahakam

  • Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri) atau Wondiwoi Tree-kangaroo; Salah satu jenis kanguru pohon asal Papua ini populasinya diperkirakan sekitar 50 ekor saja.

    Kanguru Pohon

    Kanguru Pohon

  • Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus); Disebut juga sebagai Badak Bercula Satu, Binatang endemik jawa yang hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon (Banten) dengan populasi hanya 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011).

    Badak Jawa

    Badak Jawa

  • Elang Flores (Nisaetus floris) atau Flores Hawk-Eagle; Burung elang endemik Flores dengan populasi antara 150-300 ekor.

    Elang Flores

    Elang Flores

Demikianlah pembahasan singkat tentang Hewan Langka di Indonesia yang dilindungi yang bisa admin tongkis.com bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. [ts]

Hewan Langka di Indonesia yang dilindungi | admin | 4.5