Macam Macam Jenis Permintaan Uang Dalam Ilmu Ekonomi

Macam Macam Jenis Permintaan Uang Dalam Ilmu Ekonomi – Dalam ilmu ekonomi permintaan uang memiliki arti berbeda. Permintaan uang merupakan keinginan masyarakat untuk mewujudkan kekayaannya dalam bentuk uang kas.

Macam Macam Jenis Permintaan Uang Dalam Ilmu Ekonomi

Menurut J.M. Keynes, permintaan uang oleh masyarakat dikategorikan menjadi tiga, yakni :

1. Keinginan untuk Bertransaksi (Transaction Motive)

Anda membutuhkan uang tunai untuk membeli keperluan sekolah. Ibu Anda membutuhkan uang tunai untuk membeli keperluan rumah tangga. Perusahaan membutuhkan uang kas untuk membiayai pembelian mesin dan bahan baku. Pengeluaran ini sering terjadi lebih dahulu sebelum pemasukan/ pendapatan, sehingga sangat diperlukan adanya uang kas di tangan. Kebutuhan untuk melakukan transaksi menyebabkan masyarakat ingin memegang uang kas.Macam - Macam Jenis Permintaan Uang Dalam Ilmu Ekonomi

Apakah yang menentukan besar kecilnya permintaan uang untuk tujuan transaksi tersebut? Coba pikirkan, ketika pendapatan keluarga Anda meningkat, keluarga Anda tentu mampu membeli barang dan jasa lebih banyak. Jadi, permintaan uang kas untuk tujuan transaksi tergantung dari besar kecilnya pendapatan. Makin tinggi tingkat pendapatan seseorang, makin besar keinginan menyimpan uang kas untuk kebutuhan transaksi.

Jumlah uang yang dipakai untuk transaksi-transaksi ini sering disebut uang aktif. Karena uang itu dipakai untuk dibelanjakan dan dengan demikian selalu ”berputar” dan menggerakkan proses produksi, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan menciptakan kesempatan kerja.

2. Keinginan untuk Berjaga-jaga (Precautionary Motive)

Dalam kenyataan, tidak semua uang akan digunakan untuk tujuan transaksi. Tentu ada sebagian uang yang ditahan dalam bentuk uang kas dengan tujuan tidak untuk dibelikan barang pada saat itu, tetapi untuk berjaga-jaga. Kondisi masa depan yang tidak terduga mendorong orang untuk menyimpan uang kas berdasarkan motif berjaga-jaga.

Motif ini juga dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan seseorang. Semakin tinggi pendapatan seseorang, maka kemampuan menyimpan uang kas untuk berjaga-jaga semakin tinggi. Hal tersebut akan membawa kebutuhan yang semakin tinggi akan perlunya uang untuk berjaga-jaga. Secara keseluruhan, semakin tinggi pendapatan, maka kebutuhan masyarakat terhadap uang untuk berjaga-jaga juga semakin tinggi.

Baca :

3. Keinginan untuk Berspekulasi (Speculative Motive)

Uang dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan. Motivasi menyimpan uang untuk memperoleh keuntungan disebut motif spekulasi. Motif spekulatif diwujudkan dalam pembelian surat-surat berharga, seperti saham dan obligasi (surat utang). Motif ini dipengaruhi oleh tingkat bunga. Pendapatan dari memegang obligasi adalah pendapatan bunga dan dari selisih harga penjualan obligasi. Pada tingkat bunga yang terlalu tinggi, permintaan uang kas menjadi rendah. Bila tingkat bunga yang berlaku dianggap terlalu rendah, masyarakat menganggap lebih menguntungkan jika memegang uang kas, sehingga keinginan untuk berspekulasi turun.

Referensi : Buku BSE Ekonomi Kelas X SMA/MA Nurhayatiningtyas 2009.

Macam Macam Jenis Permintaan Uang Dalam Ilmu Ekonomi | admin | 4.5