Mendeskripsikan Pasar Input

Mendeskripsikan Pasar Input – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Mendeksripsikan Pasar Input. Faktor produksi atau sumber daya adalah unsur yang diperlukan dalam proses produksi. Faktor produksi tersebut adalah tenaga kerja, tanah, modal, dan pengusaha.

Pasar input merupakan suatu pasar yang dimana tempat berinteraksinya dan penawaran input atau sumber daya produksi. Adapun definisi lain dari pasar input ialah pasar yang menyediakan faktor-faktor produksi, yang terdiri atas pasar sumber daya alam, modal, tenaga kerja sampai pasar kewirausahaan.

Adapun ciri-ciri pasar input adalah sebagai berikut :

  1. Wujud dari pasar ini adalah kegiatan, tidak berwujud fisik.
  2. Di pasar ini pula permintaan dan penawaran dilakukan dalam jumlah yang besar
  3. Jenis penawaran dan permintaannya sesuai dengan produksi yang dihasilkan
  4. Penawaran faktor produksi dapat juga berupa monopoli namun permintaannya bersifat kolektif

Timbulnya permintaan faktor produksi dapat menghasilkan barang yang berguna bagi manusia. Jika tidak ada barang yang dibuat dari faktor produksi tertentu tidak akan ada permintaan atas faktor produksi yang bersangkutan. Permintaan akan faktor produksi tersebut, merupakan permintaan turunan (derved demand). Pasar faktor produksi sering juga disebut pasar input. Permintaan akan faktor produksi pada umumnya datang dari pengusaha yang akan memproduksi barang untuk dijual. Pembentukan harga di pasar faktor produksi (pasar input) dengan bertemunya antara permintaan dan penawaran. Pasar input terdiri atas pasar faktor produksi tenaga kerja, pasar faktor produksi modal, dan pasar faktor produksi tanah. Kompensasi/harga di pasar input berupa sewa (atas tanah), upah (atas tenaga kerja), bunga atas modal, dan pengusaha/kewirausahaan. Bagaimanakah hubungan antara pemilik dan pemakai faktor produksi? Cobalah perhatikan gambar berikut ini!

Hubungan pemilik dan pemakai faktor Produksi

Hubungan pemilik dan pemakai faktor Produksi

Keterangan:

Biaya yang dikeluarkan pengusaha karena adanya permintaan faktor produksi di pasar input merupakan pendapat bagi konsumen/pemilik faktor produksi yang menawarkan faktor produksi. Sebaliknya biaya yang dikeluarkan oleh konsumen atas permintaan barang yang diajukan di pasar barang merupakan pendapatan bagi produsen yang menawarkan. Sekarang marilah kita bahas masing-masing pasar faktor produksi (pasar input).

Baca : Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

Demikianlah pembahasan singkat tentang Mendeskripsikan Pasar Input dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Mendeskripsikan Pasar Input | admin | 4.5