Manfaat Pekerjaan Paruh Waktu Bagi Karyawan dan Perusahaan

Manfaat Pekerjaan Paruh Waktu Bagi Karyawan dan Perusahaan – Pekerjaan Paruh Waktu (Freelance) merupakan bentuk kerja yang membawa lebih sedikit jam per minggu dari pekerjaan penuh waktu (Full Time) atau hari kerja normal pekerja. Mereka umumnya bekerja kurang dari 30 atau 35 jam per minggu. Tingkat inflasi yang tinggi, meningkatnya biaya hidup, pendidikan mahal adalah beberapa alasan yang memaksa para profesional yang bekerja untuk berburu pilihan produktif alternatif lainnya. Banyak orang yang bekerja sedang mempertimbangkan pilihan pekerjaan paruh waktu sebagai sumber pendapatan sekunder.

Manfaat Pekerjaan Paruh Waktu Bagi Karyawan dan Perusahaan

Pilihan pekerjaan ini adalah pilihan yang populer bagi banyak orang yang melihat ke depan untuk mendapatkan penghasilan yang fleksibel saat bekerja dari rumah. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa kedua usaha kecil dan organisasi besar memanfaatkan karyawan mencari pekerjaan lain selain pekerjaan utama mereka.Manfaat Pekerjaan Paruh Waktu Bagi Karyawan dan Perusahaan

Mari kita lihat beberapa keuntungan bagi karyawan paruh waktu :

  1. Keluwesan. Orang yang bekerja di bidang ini menemukan fleksibilitas sebagai keuntungan kunci. Ketika waktu bekerja kurang dari karyawan kantor, tentu saja mereka mampu memenuhi kewajiban pribadi lainnya dan tanggung jawab profesional sebagai karyawan. Selain itu juga mereka memiliki pilihan untuk bekerja setiap saat dari hari-pagi, siang, sore atau malam hari sesuai kesesuaian mereka. Hal ini sangat menguntungkan bagi Ibu rumah tangga karena mereka harus menyeimbangkan antara pekerjaan rumah tangga biasa dan karir. 
  2. Mendapatkan pengalaman dalam berbagai bidang : Ini adalah ide yang bagus untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam sektor yang berbeda. Misalnya, jika pekerjaan Anda tidak memberikan Anda kesempatan baru untuk belajar atau meningkatkan keterampilan-set Anda, maka Anda dapat selalu mencari pekerjaan paruh waktu sesuai minat Anda. 
  3. Mengurangi ketergantungan pada pekerjaan : Mengambil jenis pekerjaan memperluas prospek pekerjaan Anda dan Anda tidak hanya tergantung pada satu pekerjaan tunggal.
  4. Kesempatan untuk bekerja setelah pensiun. Umumnya, pekerjaan ini tidak ada hubungannya dengan usia. Ini berarti, jika Anda pensiun, maka ini merupakan pilihan terbaik untuk menggunakan waktu Anda secara konstruktif.

Apa keuntungan perusahaan dalam mempekerjakan paruh waktu kerja?

  1. Biaya : Manfaat ketika menyewa seorang karyawan paruh waktu adalah pemotongan biaya. Pekerja paruh waktu dibayar per jam dan jam kerja mereka dijadwalkan jika diperlukan oleh perusahaan. Sebagian besar bagian karyawan waktu tidak memenuhi syarat untuk rencana pensiun perusahaan yang menyimpan banyak uang. Untuk mendorong mereka, perusahaan memulai program bonus / komisi. 
  2. Beban kerja : Karyawan paruh waktu sering disewa untuk berbagi beban kerja perusahaan. Hal ini jelas akan meringankan pekerjaan suatu perusahaan. Dan tentunya akan mendukung fungsi utama dan sumber daya utama di dalam perusahaan.

Contoh Pekerjaan Paruh Waktu :

  1. Penerjemah atau Translator. Pekerjaan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk individu atau mahasiswa mendapatkan penghasilan tambahan. Syaratnya adalah individu harus dapat menguasai berbagai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan sebagainya. Pekerjaan seperti ini tidak mengharuskan individu untuk ke tempat kerja, melainkan individu dapat dilakukan dir umah (Saripudin, 2013). 
  2. Design Grafis. Pekerjaan ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu belajar bagaimana menggunakan software sejenis Photoshop maupun Corel Draw. Kemudian kumpulkan hasil karya anda lalu promosikan kepada rekan atau perusahaan yang sedang membutuhkan jasa design. 
  3. Guru Les / Tentor. Salah satu pekerjaan baik bagi mahasiswa adalah menjadi tutor atau guru panggilan. Pekerjaan seperti ini tentunya individu harus mempunyai keterampilan khusus, misalnya dengan menjadi tutor bermain gitar, les matematika, les bahasa asing, dan sebagainya (Saripudin, 2013). 
  4. Pemain Musik. Keahlian yang dibutuhkan hanyalah hobi anda di bidang dunia musik. Anda jago main drum atau jago main gitar atau kemampuan memainkan alat musik lainnya. Bakat Anda tersebut dapat disalurkan dengan menjadi penyanyi disebuah cafe atau restoran. Buatlah satu tim dengan teman – teman yang sehobi dengan anda. Latihan kalau perlu direkam. Lalu tawarkan hobi anda ini kepada perusahaan sejenis cafe tersebut. Pada umumnya pekerjaan ini dilakukan pada malam hari setelah jama kerja normal selesai.

Baca : Cara Merawat Kucing Anggora

Pekerjaan diatas dapat menambah penghasilan Anda asalkan Anda tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan narkoba. Jadi manfaatkan peluang semaksimal mungkin jika anda memperoleh kesempatan untuk bekerja freelance. Itulah informasi mengenai manfaat dari pekerjaan paruh waktu yang mana mungkin bisa menarik minat Anda untuk bisa mencari pekerjaan ini agar mendapatkan uang yang lebih demi memenuhi kebutuhan hidup. Sekian semoga bermanfaat. [ts]

Manfaat Pekerjaan Paruh Waktu Bagi Karyawan dan Perusahaan | admin | 4.5