10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta

10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta – Update hari ini masih seputar tentang Objek Wisata, kali ini akan dibahas tentang 10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta

10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta

Berikut ini 10 obyek liburan yang disukai oleh pengunjung yang berlibur ke kota Yogyakarta, diantaranya:

1. Museum Monjali

monumen jogja kembaliMuseum Monjali (monumen Jogja kembali) yang berada tepat di samping ringroad adalah tempat bersejarah yang mengingatkan pertempuran sengit melawan penjajah di kota ini. Rute menuju obyek menarik yang bertema sejarah ini cukup mudah. Jika anda berada di ringroad arah menuju bandara, maka Museum Monjali berada di sebelah kiri. Bangunan berlantai tiga dengan ketinggian sekitar 31,8 meter dan berwarna putih terlihat sangat kontras dan mudah dikenali. Bentuk yang kerucut dipilih sebagai perlambang sebuah gunung yang identik dengan kesuburan. Jika anda memasuki tempat wisata ini, maka akan disambut dengan sebuah meriam tua di bagian beranda. Dan saat memasuki museum, maka anda akan takjub dengan diorama dan ribuan koleksi yang tersimpan rapi di tempat ini. Selain itu, ada juga perpustakaan yang lengkap dan replika pesawat yang sangat mirip dengan aslinya.

2. Candi Prambanan

candi prambananTempat wisata sekaligus cagar budaya yang selalu rutin menjadi tempat pentas sendratari Ramayana di Jogja ini selalu mempesona setiap pengunjung yang datang. Kisah yang menarik ini diadakan di panggung Trimurti yang memiliki backgroud tiga candi terbesar di Prambanan yang disorot lampu. Menuju tempat populer yang religius ini sangat mudah. Dari pusat kota Yogyakarta hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam saja. Perjalanan yang ditempuh hanya sejauh 17 kilometer menuju arah kota Solo. Tepat di perbatasan Klaten, silakan arahkan pandangan ke sebelah kiri, dan puncak-puncak candi Prambanan terlihat jelas. Sekeliling tempat ini adalah taman indah yang rapi dan sangat bersih. Warisan budaya dunia ini merupakan kebanggaan pemeluk agama Hindu.10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta

3. Goa Pindul

wisata goa pindul jogjaKeindahan tempat wisata goa Pindul di wilayah Gunung Kidul Jogja sudah tidak diragukan. Kawasan alam yang eksotis ini dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 70km atau waktu tempuh 1,5 jam ke arah Gunung Kidul. Dan lokasi Goa Pindul berada di desa Bejiharjo, dan masuk ke dalam teritori kecamatan Karangmojo. Petunjuk jalan menuju lokasi Goa cukup mudah dan banyak tersebar di sepanjang jalan mulai dari pusat kota. Di lokasi ini, ada 2 kegiatan favorite yang sering dilakukan oleh wisatawan. Anda dapat menyusuri keindahan goa Pindul melalui sungai bawah tanah (Cave tubing) atau menyusuri sungai Oyo (Kali Oyo) dan ini sering disebut River Tubing. Sebaiknya anda ke obyek ini bukan saat libur pandang. Karena di waktu tersebut pengunjung sangat ramai dan kurang nyaman saat menyusuri Goa.

4. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

keraton yogyakartaTempat yang juga digunakan sebagai obyek wisata sejarah ini adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia dan hingga sekarang masih memerintah, bahkan kini juga dikenal sebagai pusat budaya terbesar yang ada di Nusantara. Keraton Yogyakarta ini mulai dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono 1 pada tahun 1755. Lokasinya super strategis dan merupakan titik nol kilometer di Jogja. Artinya, tempat populer bagi wisatawan ini merupakan titik pusat wilayah ini secara keseluruhan. Dan bagi anda yang pernah mendengar cerita sakral nan misterius, Keraton ini berada satu garis dengan pantai Parangtritis dan gunung Merapi. Tiga titik ini sering dihubungkan dengan mitos Nyai Roro Kidul, penguasa pantai selatan. Apalagi jarak antar titik ini diyakini sama persis yaitu sekitar 30 kilometer.

5. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng VredeburgTempat wisata bersejarah di Jogja ini terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Kesultanan. Pada keempat sudutnya dibangun ruang penjagaan yang disebut seleka atau bastion. Pintu gerbang benteng menghadap ke barat dengan dikelilingi oleh parit. Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, rumah sakit prajurit dan rumah residen. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, obyek ini digunakan sebagai tempat perlindungan para residen yang sedang bertugas di Yogyakarta. Hal itu sangat dimungkinkan karena kantor residen yang berseberangan dengan Benteng Vredeburg. Sekarang telah terjadi perubahan atas status kepemilikan dan fungsi bangunan Benteng Vredeburg yang kini menjadi museum.

6. Jalan Malioboro

jalan malioboro jogjaTempat ini identik dengan wisata belanja murah dan pusat oleh-oleh di Jogja. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai tempat kuliner lesehan maupun lokasi hotel paling strategis di kota ini. untuk mencapai jalan Malioboro yang merupakan jalan paling terkenal di Yogyakarta ini cukup mudah. Jika anda datang dari kota lain dengan menggunakan kereta api, maka silakan turun di stasiun Tugu dan langsung berjalan kaki saja. Jika anda menggunakan pesawat terbang, silakan gunakan taxi bandara menuju arah Keraton. Saran terbaik, menginaplah di wilayah ini karena jalan Malioboro adalah yang paling strategis sebagai “base camp” bagi wisatawan sebelum mengunjungi obyek menarik di sekitarnya.

7. Candi Borobudur

candi borobudurSebagai situs peninggalan sejarah yang berseni tinggi, tempat ini telah menjadi salah satu tempat menarik Jogja yang diburu oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk dikunjungi. Data dari beberapa travel agent menyebutkan bahwa turis yang datang ke Yogyakarta pertama kali, pasti memasukannya ke dalam agenda perjalanan sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Dari bandara Adi Sucipto menuju candi Borobudur ini hanya 40 kilometer saja melalui Ring Road Utara. Jika anda melalui rute ini, di sebelah kanan akan menemukan Monjali yang terkenal. Jika anda tiba melalui wilayah Semarang, maka perjalanan masih dilanjutkan sejauh 100 kilometer.

8. Taman Sari Keraton

taman sari keraton yogyakartaTempat wisata ini masih menyisakan keindahan tiada tara, yang sudah ada sejak zaman Sri Sultan Hamengku Buwono pertama. Lahan yang dulunya sangat luas membentang dari kompleks Kedhaton sampai kompleks Magangan (sekitar 10 hektar), kini hanya tersisa sebagian saja. Dan anda dapat mengunjungi sisanya yang terletak di wilayah Ngasem, Jogja. Taman Sari Keraton yang juga merupakan salah satu andalan liburan di kota ini, terbagi menjadi beberapa bagian. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca artikel tentang Taman Sari.

9. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo jogjaTempat ini berada di ujung jalan Malioboro Jogja dan merupakan wisata belanja batik dan kuliner terkenal. Lokasinya cukup dekat dengan perempatan jalan arah ke Keraton. Berbentuk sebuah pasar modern dengan tulisan yang terpampang di pinggir jalan dengan nama Pasar Beringharjo. Di lantai dasar bagian depan, kita akan melihat dan mendengar suara riuh dari suara tawar menawar antara penjual dan pembeli yang biasanya bertransaksi batik secara grosir. Tetapi anda jangan kuatir karena membeli secara satuan juga diijinkan dengan harga yang tetap murah. Selain batik, dan barang-barang seni adat jawa, di tempat ini juga tersedia pasar bunga dan bahkan juga pedagang emas. Sedangkan bagian belakang berupa pasar umum dan lokasi parkir kendaraan pengunjung.

10. Pantai Jogan

pantai joganFenomena yang langka telah terjadi di pantai Jogan yang ada di wilayah Gunung Kidul. Tempat ini merupakan kombinasi antara keindahan sebuah air terjun yang mengalir dan jatuh ke laut bebas dengan bebatuan karang tajam di bawahnya. Untuk mencapai Pantai Jogan, perjalanan yang anda lakukan cukup mudah. Tempat wisata ini berada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Jika anda mengendarai mobil dan berangkat dari pusat kota, maka arahkan mobil anda ke wilayah Wonosari. Waktu tempuh jika tidak macet sekitar 1,5 hingga 2 jam saja.

Demikianlah pembahasan singkat tentang 10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta, semoga bermanfaat. [ts]

10 Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Yogyakarta | admin | 4.5