Peluang Usaha Bisnis Telur Asin Simple, Sederhana Modal Kecil

Peluang Usaha Bisnis Telur Asin – Modal, usaha telur asin adalah kategori usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Dan modal terbesarnya adalah untuk pembelian telur bebek yang akan dijadikan telur asin. Sedangkan untuk bahan bahan pembuatannya bisa dipergunakan ulang sehingga akan menghemat biaya tentunya.

Mas Agus sendiri datang karena mendapatkan pesanan telur asin sebanyak 200 butir telur asin, dan saat itu stok telur asin jadi yang dimiliki sudah habis dan mas Agus menanyakan ke Budhe apakah masih ada stok. Untuk stok tentu saja Budhe masih banyak tetapi untuk telur yang siap untuk dijual juga sudah habis dan jadwalnya sore itu membongkar lagi rendaman telur asin lebih awal untuk memenuhi permintaan.

Ada waktu waktu tertentu dimana jumlah permintaan akan telur asin meningkat, dan salah satunya adalah di bulan puasa dan juga saat lebaran dimana para pemudik memborong telur asin untuk dijadikan oleh-oleh. Telur asin yang bisa awet berhari-hari merupakan salah satu keuntungan juga karena tidak takut menjadi rusah apalagi basi seperti jenis makanan biasa.

Peluang Usaha Bisnis Telur Asin

Peluang Usaha Bisnis Telur Asin

Harga normal telur asin di lingkungan Budhe adalah Rp.2500/butir (saat itu) sementara di tempat mas Agus yang berbeda kecamatan harganya adalah Rp.3000/butir dan pada saat suasana lebaran mas Agus menjualnya dengan harga 3500/butir dan itu juga laku keras.

Baca : Tips Bisnis Rumahan Yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini harga telur bebek berkisar antara 1500 perbutirnya untuk harga umum. Jika Anda tinggal dikampung seperti Budhe dan mas Agus ternyata harga telur bebek mentah tersebut bisa lebih murah lagi. Tapi untuk lebih mudahnya kita akan ambil harga tingginya saja yang menurut asumsi saya yaitu 1500 perbutir.

Perhitungan Modal Usaha Bisnis Telur Asin

KeperluanJumlahRupiah

Telur Bebek Mentah (1.500/butir)

200 butir

300

Bubuk Bata Halus (25.000/kg)

2 kg

50

Garam (5.000/kg)

5 kg

25

Bumbu (20.000/kg)

5kg

100

Lain – lain

50

Total Biaya

525

Telur asin yang sudah jadi dan siap dijual bisa dijual dengan harga paling minim 3000 (jika partai besar seperti Budhe yang kelasnya agen mungkin bisa kurang sedikit). Sementara untuk penjual biasa seperti mas Agus bisa menjual dengan harga 3500 perbutirnya.

Pedagang rata rata menjual telur asin dengan harga 3000/butir. Kita akan hitung total hasil penjualan untuk 200 telur asin yang telah jadi

200 (butir) x 3000 = 600000

Keuntungan yang didapat dari penjualan 200 butir telur asin adalah 600.000 – 525.000 = 75.000. Jika setiap harinya bisa menghabiskan 200 butir maka dalam kurun waktu 30 hari pendapatan keuntungannya adalah 30 x 75.000 = 2.250.000

Ini perhitungan menurut asumsi saya pribadi dan mungkin terdapat ketidaksesuaian daftar harga yang tertulis dengan harga masing-masing bahan real hari ini, untuk lebih jelasnya dan mendetail Anda perlu bertanya langsung pada para pelaku bisnis telur asin ini.Bisa Anda tanyakan modal awal dan hariannya (jika ada) dan keuntungan bersih yang didapat setiap bulannya.

Itulah uraian tentang potensi bisnis telur asin, usaha modal kecil yang bisa mendapatkan untung yang lumayan. Bisa Anda jadikan usaha sampingan dirumah.

CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN HASIL YANG BAIK

Berikut ini adalah cara mmebuat telur asin, mungkin di tempat lain ada artikel yang berbeda dari cara yang dituliskan disini, Harap dimaklumi kareba tentu sumbernya berbeda-beda dan cara pembuatannya juga bisa memiliki perbedaan. Tapi secara garis besar caranya pastilah sama.

RENDAM TELUR MENTAH

Bahan berupa telur yang sudah siap direndam terlebih dahulu dengan air selama kurang lebih 2 menit, dari sini akan muncul telur yang mengambang. Telur yang mengambang ini menandakan bahwa telurnya jelek dan tidak layak dijadikan telur asin.  Telur tersebut dibuang saja , setelah direndam kemudian di cuci hingga bersih sampai bersih permukaan cangkang dari telur agar jadi bersih dan tidak ada kotoran yang menempel di kulit telur.

TIRISKAN TELUR

Tiriskan telur telur bagus tersebut lalu keringkan dengan cara di lap dengan kain atau handuk khusus. Bisa dengan kipas aingin tetapi mungkin pengeringannya kurang maksimal jadi lebih bagus di lap satu persatu sambil memeriksa lagi apakah ada te;ur yang rusak untuk dipisahkan lagi jika menemukan.`

Selanjutnya ada dua opsi sebenarnya, jika menggunakan bubuk bata dan tanpa bubuk bata:

DENGAN BUBUK BATU BATA

Telur dibungkus dengan adonan bubuk batu bata dan garam. Campurkan garam dan bubuk batu bata lalu berikan air secukupnya  dan aduk hingga mendapatkan adonan yang lembek seperti pasta. Kemudian telur tersebut dibungkus dengan adonan disekelilingnya sehingga menyerupai bulatan seperti bola dengan ketebalan kira-kira 2cm. Kemudian simpan dalam waktu sekitar 2 mingguan. Lebih lama juga boleh untuk mendapatkan telur yang lebih awet dan lebih asin.

TANPA BUBUK BATU BATA

Telur akan direndam didalam larutan air garam selama beberapa hari, perkiraan untuk mendapatkan telur yang bagus minimal sekitar 2 minggu untuk merendam telur telur tersebut. Siapkan wadah berupa baskom atau ember lalu masukkan air hangat dan garam ke dalamnya. Maksud penggunaan air hangat adalah supaya garam lebih cepat larus dari pada menggunakan air dingin.

Baca : Peluang Usaha Piscok Meleer Sangat Laris

Biarkan larutan tersebut beberapa saat sampai air menjadi dingin, masukkan air larutan ke dalam baskom atau ember lain yang berisi telur bebek. Untuk mendapatkan air hasil yang baik maka usahakan semua telur terendam dalam air dan jangan ada yang mengambang. Bisa diberikan pemberat diatasnya untuk menahan telur agar tidak mengambang (masa jenis air garam lebih tinggi dari telur jadi kemungkinan telur akan naik ke permukaan). Gunakan pemberat yang lembut seperti kantong berisi air yang tidak akan membuat telur terhimpit terlalu keras yang dapat menyebabkan retak dan rusak.

PROSES PEREBUSAN

Jika menggunakan metode bubuk batu bata maka telur terlebih dahulu dibersihkan dari bungkusan batu batu baru kemudian direbus. Untuk telur yang direndam larutan garam bisa langusng diambil untuk direbus. Perhatikan untuk proses ini, gunakan api yang kecil atau sedang untuk proses perebusan agar air tidak mendidih dan mengeluarkan gejolak karena dapat menyebabkan telur bergerak dan saling beradu. Ini dapat membuat telur rusak pecah atau rusah. Cukup dengan api kecil dan rebus dalam waktu 1 – 1,5 jam.

Setelah itu angkat telur asin dan tiriskan, telur telur ini sudah matang dan siap untuk dimakan atau dijajakan.

Ada beberapa orang yang merendam telur lebih lama, hal ini dilakukan untuk mendapatkan te;ur asin yang lebih tahan lama (awet). Waktu 3 minggu sudah cukup lama untuk melakukan perendaman, jika Anda tidak terburu-buru tentu bisa mencoba untuk merendamnya lebih lama. Tapi jika tidak maka cukup gunakan waktu normal saja. [ts]

Peluang Usaha Bisnis Telur Asin Simple, Sederhana Modal Kecil | admin | 4.5