Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang Masa

Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang Masa – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang MasaManisnya peluang usaha minuman, nampak jelas saat bulan Ramadhan tiba. Di mana pada saat itu, sebagian besar umat Muslim berusaha memanjakan tubuh dengan minuman yang lebih istimewa dibanding pada hari-hari biasa. Tak jarang, pengusaha minuman tersebut sampai kewalahan dalam melayani para pembeli saat menjelang buka puasa.

Kondisi ini membuat orang melihat bahwa peluang usaha pada minuman merupakan salah satu bisnis yang manis. Apalagi estimasi waktu balik modal yang terbilang singkat, terkait dengan sedikitnya modal yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan sebuah produk franchise, cukup merogoh kocek pada kisaran 2,5 hingga 4 juta saja.Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang Masa

Dengan modal sebesar itu, seseorang akan bisa memperoleh perlengkapan awal untuk berusaha, seperti stan, bahan baku, dan juga fasilitas promosi. Selain itu, pembeli hak franchise juga akan disediakan fasilitas pelatihan dan bantuan promosi dari pemegang franchise tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam mempercepat perolehan keuntungan dan meraih titik impas atau balik modal.

Baca : Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil

Jika tertarik untuk ikut mendapatkan peluang usaha minuman ada beberapa tips yang dapat dilakukan, agar usaha minumannya tersebut berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa tips jitu memulai usaha minuman.

  • Jenis minuman apa yang akan dipilih. Apakah minuman ringan bersoda, minuman teh, atau jenis minuman seperti jus dan es buah.
  • Sesuaikan lokasi berusaha dengan jenis pilihan nomor 1. Jika memilih minuman ringan bersoda atau teh, pusat perbelanjaan atau rumah sakit menjadi lokasi ideal untuk berusaha. Sedangkan minuman jus atau es buah, akan lebih baik jika bisa memilih lokasi yang nyaman dan cenderung memiliki pemandangan indah.
  • Gandeng beberapa komunitas atau instansi. Tujuannya, agar ketika mereka mengadakan sebuah acara tertentu akan memilih Anda sebagai mitra penyedia minum. Hal ini sekaligus sebagai alat promosi.
  • Utamakan kebersihan. Usaha makanan dan minuman tidak akan mendapat apresiasi konsumen bila terlihat jorok.
  • Jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan stan atau tempat yang menjual makanan, sehingga nantinya konsumen tempat makan tersebut akan memiliki alternatif untuk membeli minuman di tempat Anda. Bukan sekadar harus “terpaksa” minum dari menu yang ada di gerai penjual makanan yang barangkali tidak sesuai dengan selera mereka.
  • Bila masih ragu dan takut untuk gagal, disarankan untuk memulai bisnis dengan sistem waralaba,sehingga nantinya Anda akan mendapat pendampingan dan juga bisa saling berdiskusi apabila terdapat kendala dalam bisnis Anda.

Jangan Takut Berbisnis

Hampir kebanyakan orang memikirkan uang sebagai hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita saat mendengar atau membaca kata modal. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya dalam setiap diri kita terdapat arti kata modal yang sesungguhnya?

Dalam setiap kepribadian seseorang, terkandung di dalam dirinya kekuatan maupun kelemahan. Tidak ada orang yang hanya memiliki kekuatan tanpa kelemahan, begitu pula sebaliknya, tidak ada orang yang hanya memiliki kelemahan tanpa kekuatan.

Sayangnya kebanyakan orang lebih tersandera dengan kelemahan-kelemahan yang mereka miliki dari pada mencoba fokus pada kekuatan yang ada. Dengan berpusat kelemahan, maka akan semakin banyak pula kelemahan yang lain yang muncul, yang pada mulanya sebetulnya itu tidak ada.

Padahal ada cara lain, cara sederhana yang bisa kita lakukan setiap orang untuk mengurangi bahkan menghilangkan kelemahannya tersebut, yaitu dengan jalan memperbanyak hingga memperbesar kekuatan yang ada sekecil apapun itu adanya.

Kekuatan yang bisa dimanfaatkan sebagai modal antara lain, seperti mempunyai teman yang banyak, sikap pantang menyerah, tidak mudah bosan, kepandaian memasak, keterampilan menjahit, dan lain sebagainya, termasuk di antaranya adalah kepemilikan blackberry dan account facebook maupun twitter.

Baca : Peluang Usaha Bisnis Telur Asin Simple, Sederhana Modal Kecil

Itu semua bisa menjadi modal kita untuk membuka bisnis plan, bukan hanya uang. Semua hal positif tersebut bisa jadi menjadi bahan dasar kita memulai rencana bisnis, tanpa harus selalu mengkhawatirkan kelemahan dan kekurangan kita.

Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk memulai menjadi seorang pengusaha rencana bisnis, meskipun Anda tidak memiliki modal uang, yakinlah bahwa Anda memiliki modal lain yang mungkin saja bahkan lebih berarti dari pada sekedar modal uang.

Yakinlah bahwa masih banyak usaha-usaha, bisnis-bisnis yang kita geluti yang tidak membutuhkan modal uang, tapi cukup dilakukan dengan modal dari kelebihan kelebihan Anda yang lain.

Jadi, modal itu bukan berarti hanya uang, jadikan teman-teman Anda sebagai modal. Keterampilan Anda bisa juga menjadi modal, bahkan barang yang sudah Anda miliki, seperti hp, blackberry, sepeda, motor, dan lain-lain bisa menjadi modal. Anda hanya mencari kekuatan untuk memulai bisnis atau usaha yang tepat sesuai dengan kelebihan yang Anda punya.

Fokuslah pada yang positif, bukan fokus yang negatif. Fokuslah pada kelebihan dan kekuatan yang Anda miliki, bukan fokus pada kelemahan Anda. Fokuslah pada apa yang Anda miliki, bukan fokus pada apa yang Anda tidak miliki.

Gunakanlah fokus itu dengan sebaik mungkin dan disertai dengan doa, usaha, dan berpikir positif, yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan, yang tentu saja dengan usaha dan doa.

Selain itu, di dalam berwirausaha perlu diperhatikan konsep pemasaran. Konsep pemasaran memiliki tujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan konsumen. Selain itu, konsep pemasaran berorientasi pada kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran memang berbeda dengan konsep bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk dan penjualan. Konsep pemasaran terdiri atas tiga unsur, yaitu sebagai berikut.

  • Berorientasi kepada konsumen. Dalam manajemen pemasaran, Anda harus melihat sasaran penjualan produk Anda itu seperti apa, sehingga Anda perlu mengenal konsumennya terlebih dahulu.
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terperinci. Apabila Anda sudah menemukan konsumen atau sasaran pemasaran yang tepat, maka Anda tinggal menyusun strategi penjualan produk tersebut. Rincilah kegiatan pemasaran Anda secara terperinci.
  • Kepuasan konsumen. Jika kegiatan penjualan Anda sudah berjalan, maka Anda perlu mengevaluasi manajemen pemasaran produk Anda, seperti kepuasan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Jadi, Anda dapat mengetahui kekurangan produk tersebut, sehingga Anda dapat menyusun strategi agar produk Anda tetap laris dipasaran.

Pengetahuan tentang konsep pemasaran ini perlu diketahui oleh semua wirausahawan karena terkadang orang melakukan sebuah usaha, tapi tidak mengerti tentang cara berwirausaha. Hasilnya, usaha yang dijalankan kurang lancar, bahkan gulung tikar.

Baca : Peluang Usaha Piscok Meleer Sangat Laris

Dari penjelasan tersebut, apakah Anda berhak memasuki dunia berwirausaha? Bila hanya merasa, semua orang dapat berkata bahwa mereka merasa berhak memasuki dunia berwirausaha. Namun, ujian yang sesungguhnya adalah ketika mereka sudah benar-benar masuk ke dalam usaha. Berapa lama mereka bisa bertahan dan berapa lama mereka bisa berekspansi dan membesarkan usahanya.

Seorang pembelajar cepat tidak akan betah bila hanya berada di satu titik. Kegelisahan dirinya akan mempelajari hal-hal baru, akan menggiring memasuki gerbang usaha baru yang lebih menantang. Jiwanya akan haus berburu dan memburu jenis-jenis usaha baru. Pembelajar cepat ini akan saling bertarung dengan menggunakan berbagai strategi untuk menjadi nomor satu.

Meskipun demikian, persaingan bukannya untuk saling mengalahkan. Di dalam usaha saling menjatuhkan bukanlah usaha yang sesungguhnya. Dunia usaha yang baik adalah bersaing untuk menciptakan hal-hal yang semakin hari semakin baik demi membantu orang lain mendapatkan kenyamanan hidup yang lebih mudah.

Pelajari peluang bisnis yang ada di sekitar Anda atau yang mungkin bisa Anda kerjakan. Di tahap awal, Anda cukup mempelajari saja bermacam peluang yang kira-kira bisa Anda jalani. Setelah ada pembanding, barulah tentukan peluang mana yang akan Anda kejar. Ada baiknya memilih bisnis di bidang yang Anda sukai karena setidaknya Anda memiliki dasar di bidang tersebut.

Jangan langsung hantam. Anda perlu menambah pengetahuan yang cukup mengenai bidang yang dipilih. Pelajari seluruh seluk beluk bidang tersebut. Ketahui apa saja yang kiranya dapat membuat usaha Anda berhasil dan hal apa yang sekiranya menghambat peluang ini.

Jika masih “buta” dengan bisnis, pelajari juga dasar-dasar dalam bisnis. Tidak ada salahnya menerima saran dari pakar atau orang yang menggeluti bidang yang sama. Tapi ingat, keputusan seluruhnya berada di tangan Anda.

Ketika memilih berwirausaha, Anda harus mampu berpikir kreatif, mencari inovasi-inovasi baru dalam bisnis. Di bidang usaha yang sama, tentu produk yang lebih kreatiflah yang akan dipilih oleh konsumen. Dengan begitu, peluang usaha minuman yang akan Anda jalani akan berbuah manis dan akan menjadi usaha yang sukses. 

Demikianlah informasi Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang Masa dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Peluang Usaha Minuman Terbaik Sepanjang Masa | admin | 4.5