Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil – Pada kesempatan ini admin tongkis.com kembali akan berbagi tentang Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal KecilJika Anda tertarik untuk berwirausaha, usahakan sesuai dengan minat Anda. Jika Anda suka kuliner misalnya, maka Anda bisa memutuskan untuk memulai usaha warung makan atau restaurant. Begitupula jika Anda adalah orang yang hobi membaca, Anda bisa memulai usaha toko buku yang sederhana.

Modal Bukan Kendala Berusaha

Hampir kebanyakan orang memikirkan uang sebagai hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita saat mendengar atau membaca kata modal. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya dalam setiap diri kita terdapat arti kata modal yang sesungguhnya?

Dalam setiap kepribadian seseorang, terkandung di dalam dirinya kekuatan maupun kelemahan. Tidak ada orang yang hanya memiliki kekuatan tanpa kelemahan, begitu pula sebaliknya, tidak ada orang yang hanya memiliki kelemahan tanpa kekuatan.Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil

Sayangnya kebanyakan orang lebih tersandera dengan kelemahan-kelemahan yang mereka miliki dari pada mencoba fokus pada kekuatan yang ada. Dengan berpusat kelemahan, maka akan semakin banyak pula kelemahan yang lain yang muncul, yang pada mulanya sebetulnya itu tidak ada.

Padahal ada cara lain, cara sederhana yang bisa kita lakukan setiap orang untuk mengurangi bahkan menghilangkan kelemahannya tersebut, yaitu dengan jalan memperbanyak hingga memperbesar kekuatan yang ada sekecil apapun itu adanya.

Baca : Peluang Usaha Bisnis Telur Asin Simple, Sederhana Modal Kecil

Kekuatan yang bisa dimanfaatkan sebagai modal antara lain, seperti mempunyai teman yang banyak, sikap pantang menyerah, tidak mudah bosan, kepandaian memasak, keterampilan menjahit, dan lain sebagainya, termasuk di antaranya adalah kepemilikan blackberry dan account facebook maupun twitter.

Itu semua bisa menjadi modal kita untuk membuka bisnis plan, bukan hanya uang. Semua hal positif tersebut bisa jadi menjadi bahan dasar kita memulai rencana bisnis, tanpa harus selalu mengkhawatirkan kelemahan dan kekurangan kita.

Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk memulai menjadi seorang pengusaha rencana bisnis, meskipun Anda tidak memiliki modal uang, yakinlah bahwa Anda memiliki modal lain yang mungkin saja bahkan lebih berarti dari pada sekedar modal uang.

Yakinlah bahwa masih banyak usaha-usaha, bisnis-bisnis yang kita geluti yang tidak membutuhkan modal uang, tapi cukup dilakukan dengan modal dari kelebihan kelebihan Anda yang lain.

Jadi, modal itu bukan berarti hanya uang, jadikan teman-teman Anda sebagai modal. Keterampilan Anda bisa juga menjadi modal, bahkan barang yang sudah Anda miliki, seperti hp, blackberry, sepeda, motor, dan lain-lain bisa menjadi modal. Anda hanya mencari kekuatan untuk memulai bisnis atau usaha yang tepat sesuai dengan kelebihan yang Anda punya.

Fokuslah pada yang positif, bukan fokus yang negatif. Fokuslah pada kelebihan dan kekuatan yang Anda miliki, bukan fokus pada kelemahan Anda. Fokuslah pada apa yang Anda miliki, bukan fokus pada apa yang Anda tidak miliki.

Gunakanlah fokus itu dengan sebaik mungkin dan disertai dengan doa, usaha, dan berpikir positif, yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan, yang tentu saja dengan usaha dan doa.

Awali sebuah rencana bisnis dengan rencana awal yang sederhana. Rencana awal tersebut meliputi ringkasan, pernyataan misi, kunci sukses, analisis pasar, analisis keseimbangan dana, dan lain-lain. Hal-hal tersebut merupakan rencana bisnis yang paling sederhana.

Sebuah rencana bisnis memiliki sebuah standar, yang mengikuti nasihat dari para ahli bisnis, meliputi seperangkat elemen standar, seperti deskripsi perusahaan, produk atau layanan, sasaran pasar, prakiraan, tim manajemen, dan analisis keuangan.

Sebuah rencana bisnis bergantung pada situasi. Rencana bisnis akan berjalan sebagai mana mestinya bila situasi internal perusahaan dan situasi eksternal mendukung. Keberadaaan para investor atau para penanam modal dapat mempengaruhi kelangsungan sebuah rencana bisnis.

Baca : Peluang Usaha Piscok Meleer Sangat Laris

Dalam membuat rencana bisnis, kita harus tahu dan mengenali keberadaan posisi, tujuan, dan apa yang ingin dicapai dalam usaha yang dibangun tersebut, sehingga kita bisa menuju sukses. Adapun kesuksesan itu ada bahan bakunya. Bahan baku kesuksesan itu adalah kemampuan, usaha, attitude.

Kemampuan adalah lahir dari Tuhan. Tuhan tidak mungkin menghadirkan kita atau siapapun terlahir ke dunia ini tanpa kemampuan sama sekali karena setiap makhluk ciptaan-Nya, diciptakan dengan keunikan tersendiri yang masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan.

Jadi, dapat kita yakini dan nyatakan bahwa setiap manusia pasti selalu memiliki potensi kemampuan tertentu. Mungkin tidak sama antara yang satu dengan yang lain, tapi bila potensi tersebut dapat tergali, maka sebenarnya tidak ada manusia yang ‘biasa-biasa saja’ apalagi tidak berkompetensi atau tidak mempunyai kekuasaan atau kemampuan tertentu atas sesuatu, tidak ada yang demikian itu.

Usaha adalah sifat dari manusia itu sendiri. Demikian juga usaha,  tidak ada orang yang tidak berusaha dalam mewujudkan apa yang diinginkannya, tidak ada yang negatif, semuanya adalah positif, yang berbeda hanyalah seberapa besar atau berat usahanya dibanding dengan yang lain.

Sebagian orang usaha lebih keras daripada yang lain, sebagian orang lebih gigih dalam upaya mewujudkan cita-citanya dari yang lain, sebagian orang lebih pantang menyerah dari yang lain, sebagian orang lagi ada yang malas-malasan, mudah menyerah, mudah putus asa, mudah bosan, mudah mengeluh, suka menyalahkan orang lain, suka menyalahkan lingkungan, atau suka menyalahkan keadaan.

Attitude adalah sikap untuk mewujudkan usaha tadi. Berbeda halnya dengan attitude, bukan hanya mempunyai sisi yang positif saja. Tetapi, attitude juga mempunyai sisi yang negatif, yang berbahaya bagi siapapun yang memeliharanya  karena akan menjadi penghalang utama bagi yang bersangkutan dalam mewujudkan cita-citanya.

Ini adalah hal yang sangat berbahaya dan semaksimal mungkin agar kita menghindari sisi negatif dari attitude ini. Harus kita buang jauh-jauh segala bentuk attitude atau sikap perilaku yang negatif karena menjauhkan kita dari cita-cita.

Baca : Tips Bisnis Rumahan Yang Perlu Anda Ketahui

Jadi, kata kuncinya untuk mengawali rencana bisnis adalah milikilah mental attitude yang positif seperti pantang menyerah, tidak putus asa, terus menerus berusaha, tekun, berpikir positif, yakin akan berhasil, tidak menyalahkan kondisi atau lingkungan, tidak menyalahkan orang lain, agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan untuk menjadi individu yang sukses.

Mendirikan Usaha Toko Buku

Anda tidak perlu modal besar hingga jutaan rupiah untuk mendirikan toko buku. Dengan modal 5 juta rupiah, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Tempat murah dan sederhana

Gunakanlah tempat yang sederhana untuk memulai usaha ini. Kalau bisa malah yang gratis. Lokasinya pun tidak perlu yang strategis atau dekat jalan raya. Bahkan halaman rumah Anda bisa disulap menjadi toko.

2. Menggandeng Penerbit

Ada beberapa penerbit yang menawarkan penjualan konsinyasi dengan diskon cukup besar. Anda bisa memanfaatkan peluang ini. Namun, biasanya Anda diminta menyerahkan fotokopi kartu keluarga dan KTP. Ada juga penawaran dengan sistem kredit atau putus.

3. Produk unggulan

Anda harus benar-benar tahu perkembangan dunia perbukuan di Indonesia. Buku-buku apa saja yang baru terbit dalam bulan-bulan terakhir, buku apa saja yang best seller, dan sebagainya.

Carilah diferensiasi atau hal yang membedakan dengan toko buku lain yang sudah ada di kota Anda. Misalnya, buku yang sama, tapi dengan diskon yang lebih besar, atau memberikan bonus khusus untuk pelanggan.

4. Promosi

Jangan lupa untuk mempromosikan usaha toko buku Anda. Buatlah promosi di situs jejaring sosial, seperti facebook atau blog pribadi Anda. Anda bisa memberikan diskon yang lebih besar dari pada toko buku lain, jika Anda menggandeng penerbit. Anda juga bisa berpromosi melalui brosur dan membagikannya ke peserta di acara seminar kepenulisan.

5. Marketing atau Memasarkan buku

Karena toko buku Anda adalah toko buku kecil, Anda harus berjuang keras memasarkan buku-buku Anda. Jika Anda memiliki produk unggulan yang banyak diminati pasar dengan diskon besar, Anda bisa memasarkannya dengan direct selling.

Anda bisa membuat proposal penawaran kerjasama dengan instansi untk membeli buku Anda. Anda melakukan presentasi dan memberikan diskon khusus jika instansi tersebut bisa mengkoordinir anggota atau karyawannya untuk membeli buku Anda.

Baca : Manfaat dan Cara Budidaya Rumput Laut Yang Baik

Anda juga bisa mempromosikan ke kerabat atau teman-teman sejawat dan meminta mereka mempromosikan produk Anda juga dengan harga khusus untuk mereka ketika membeli buku di toko Anda. Banyak cara-cara kreatif lain yang bisa Anda baca. Intinya, jangan menunggu bola, tapi usahakan Anda aktif memasarkan.

6. Penjualan on-line

Sembari mempromosikan usaha toko buku Anda di internet, Anda juga bisa sekaligus berjualan. Pelajari trik dan cara-cara bisnis on-line. Salah satunya, usahakan Anda membuat sinopsis buku yang akan Anda jual dan menampilkannya di blog Anda.

Selamat berwirausaha. Jika Anda yakin dan suka dengan bisnis usaha toko Buku Anda, kemudian diiringi doa, kendala-kendala yang ada bisa Anda hadapi dan menemukan solusinya. Semoga sukses menyertai Anda. 

Demikianlah informasi Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil yang bisa admin tongkis.com bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. [ts]

Peluang Usaha Toko Buku dengan Modal Kecil | admin | 4.5