Pengertian Fungsi Penawaran

Pengertian Fungsi Penawaran – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Fungsi Penawaran, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran.

Fungsi penawaran dapat dituliskan sebagai berikut.

Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Baik harga dan jumlah penawaran adalah positif. Artinya, apabila harga naik, jumlah penawaran juga naik dan apabila harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga menurun. Perhatikan contoh berikut ini! Diketahui penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qs = – 6 + 3P. berapakah jumlah barang yang ditawarkan bila harga barang yang ditawarkan adalah Rp3,00 ?Pengertian Fungsi Penawaran

a. Daftar Penawaran

Gambaran berupa angka-angka yang menunjukkan jumlah penawaran pada berbagai tingkat harga disebut daftar penawaran. Suatu contoh adalah sebagai berikut. Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara suatu harga barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan.Fungsi Penawaran

Keterangan :

Dalam kurva penawaran tas sekolah terdapat titik-titik 1, 2, 3, 4, dan 5 yang menggambarkan keadaan 1, 2, 3, 4, dan 5. Kurva penawaran juga dibedakan menjadi dua pengertian, yaitu: penawaran dan jumlah yang ditawarkan. Dalam analisis ekonomi, penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Sedangkan jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu. Dalam hal ini penawaran digambarkan dengan kurva SS. Sedangkan “jumlah barang yang diminta” adalah permintaan pada suatu tingkat harga tertentu. Sebagai contoh, titik 3 menggambarkan bahwa pada harga Rp30.000,00 jumlah barang (tas sekolah) yang ditawarkan adalah 600 buah. Gambar kurva di atas bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Terdapat hubungan positif di antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan, sehingga arah pergerakannya berlawanan dengan arah pergerakan kurva permintaan.

Baca : Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran

b. Penawaran Perorangan dan Penawaran Pasar

Kalian tentu masih ingat bahwa penawaran terhadap barang dan jasa dapat dibedakan menjadi 2, yaitu penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dan penawaran yang dilakukan oleh semua penjual di pasar. Oleh sebab itu dalam analisis perlu dibedakan antara kurva penawaran perseorangan dan kurva penawaran pasar. Kurva penawaran pasar diperoleh dengan menjumlahkan kurva penawaran berbagai individu.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Fungsi Penawaran dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Fungsi Penawaran | admin | 4.5