Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya

Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya. Didalam kehidupan kita sehari hari pasti tidak bisa jauh tanpa menjadi konsumen dalam segala hal, apalagi yang menyangkut dengan suatu barang dan penggunaannya. Sehingga mau tidak mau kita akan selalu berhubungan dengan dunia pasar. Pasar sendiri merupakan tempat dimana penjual dan pembeli bertemu dan terjadi transaksi. Ada banyak jenis pasar, salah satunya adalah pasar barang. Pengertian pasar barang dan macam macamnya bisa anda lihat pada penjelasan berikut ini. pengertian dari pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang, namun ternyata pasar barang dibagi menjadi dua macam, yaitu pasar barang nyata atau riil dan pasar barang abstrak.Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya

Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni:

Pasar Barang Nyata/Riil

Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Pasar ini mempertemukan antara penjual dengan pembeli secara langsung (face to face) dan ada tawar-menawar, ada barang dagangan, ada transaksi, penyerahan barang secara langsung. Contohnya adalah Pasar Kebayoran Lama, Pasar Senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.

Pasar Barang Abstrak

Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar ini mempertemukan penjual dan pembeli, di mana penjual hanya membawa contoh barang saja atau dalam pasar tersebut tawar-menawar dilakukan melalui internet, surat kabar, telepon, faximile. Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.

Baca : Terbentuknya Harga Keseimbangan

Selain perlu kamu ketahui mengenai pasar barang perlu kamu ketahui juga bentuk pasar menurut strukturnya. Dalam faktanya bahwa pasar barang selalu berhubungan dengan mekanisme struktur pasar. Menurut strukturnya terdapat berbagai bentuk pasar, yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar monopolistik.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Pasar Barang dan Macam-Macamnya | admin | 4.5