Pengertian Pasar Input Modal

Pengertian Pasar Input Modal – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Pasar Input ModalModal adalah barang yang digunakan untuk sarana pengadaan proses produksi lanjutan. Modal diperlukan baik pada awal suatu usaha dimulai (sebagai investasi/modal awal) maupun selama usaha tersebut berlangsung (untuk pengembangan/perluasan usaha). Modal bisa dapat berupa sebagai berikut. Barang mentah/bahan baku, misalnya rotan untuk industri mebel; barang setengah jadi, misalnya pulp (bubur kayu) untuk industri kertas. Barang jadi, misalnya berupa mesin-mesin, dan sejumlah uang.

Jika modal uang berasal dari pinjaman, maka kepada pemilik modal diberikan imbalan berupa bunga modal. Dalam bunga modal terkandung nilai risiko yang ditanggung oleh pemilik modal. Peminjaman dapat dilakukan dalam jangka pendek (sampai dengan 5 tahun) atau jangka panjang (jika lebih dari 5 tahun). Pinjaman jangka panjang mempunyai risiko lebih besar dibanding pinjaman jangka pendek, sehingga akan dikenakan bunga lebih besar.

Baca : Pengertian Pasar Input Tanah

Keputusan untuk menetapkan apakah pinjaman/penambahan modal diperlukan tergantung pada biaya yang diperlukan (termasuk beban bunga modal) dan perkiraan keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya tambahan modal. Biaya modal ditentukan dari harga barang modal pada saat pembelian dibandingkan dengan hasil dari modal di masa datang. Untuk dapat membandingkannya dapat dihitung dengan menentukan nilai sekarang (PV = present value) dari jumlah uang yang akan diterima di masa datang, dengan rumus sebagai berikut.Pengertian Pasar Input Modal

Keterangan:

PV             = nilai sekarang (present value)

ER             = perkiraan hasil yang akan diterima di masa datang (expected revenue)

i                 = tingkat bunga (interest rate)

1,2,……..,n = tahun, sampai tahun ke-n

A               = perkiraan nilai sisa barang modal pada tahun ke-n

Contoh :

Sebuah perusahaan sepeda motor merencanakan untuk membeli sebuah mesin seharga Rp6.000.000,00. Dengan mesin tersebut diperkirakan omset perusahaan akan meningkat sehingga akan menghasilkan keuntungan Rp2.500.000,00 per tahun selama 4 tahun. Dengan pengurangan biaya penyusutan, nilai sisa mesin pada tahun keempat adalah Rp500.000,00. Jika tingkat bunga modal di pasar 9% per tahun, maka perhitungan nilai sekarang adalah:Pasar Input Modal

Dari perhitungan di atas maka perusahaan tersebut akan memutuskan untuk membeli mesin tersebut karena nilai sekarang dari hasil modal lebih besar dari biaya (harga mesin) yang dikeluarkan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang  Pengertian Pasar Input Modal dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Pasar Input Modal | admin | 4.5