Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik & Ciri-Cirinya

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik. Perhatikanlah toko/swalayan yang ada di daerahmu! Komoditas apa yang dijual di swalayan itu? Beberapa perusahaan sering menyebar risiko kerugian dengan memproduksi berbagai jenis produk akan tetapi masih dalam satu perusahaan. Perusahaan jenis ini merupakan bentuk pasar persaingan monopolistik. Buktikanlah dengan kamu pergi ke toko terdekat dari rumahmu! Perhatikanlah produk shampo, sabun mandi, dan sabun cuci. Ada berbagai merek, berbagai bentuk, dan corak yang ditawarkan pada etalase toko. Produk tersebut akan bersaing, sehingga membentuk pasar persaingan monopolistik. Jadi, yang dimaksud dengan pasar monopolistik adalah suatu pasar di mana terdapat banyak produsen/perusahaan yang menjual barang/komoditas yang berbeda corak (differentiated product).

Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor yang dapat mendongkrak penjualan. Tapi bagaimana kemampuan produsen atau perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak konsumen atau masyarakat, sehingga membuat mereka ingin membeli produk tersebut meskipun dengan harga yang agak mahal. Oleh sebab itu, setiap perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus selalu aktif mempromosikan produknya sekaligus menjaga citra perusahaannya.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

Berikut ini ciri dari pasar monopolistik, diantaranya seperti:

1. Terdapat banyak produsen/penjual.

Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen lainnya.

2. Adanya diferensiasi produk.

Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara pengemasan, bentuk dan sebagainya.

Baca : Pengertian Pasar Oligopoli & Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

3. Produsen dapat mempengaruhi harga.

Di pasar ini dimana harga terbentuk berdasarkan dari mekanisme pasar, oleh sebab itu pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli maupun pasar monopoli.

4. Produsen dapat keluar masuk pasar.

Dalam hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, ketika produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya akan tinggi. Saat produsen semakin banyak, otomatis laba ekonomis akan semakin kecil, maka pasar semakin menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.

5. Promosi penjualan harus aktif.

Di pasar ini harga bukanlah merupakan pendongkrak jumlah pembeli atau konsumen, melainkan kemampuan produsen atau perusahaan untuk menciptakan citra yang baik dimata para konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Jadi, iklan atau promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.

Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Monopolistik

Bagaimanakah cara menentukan keuntungan dan kerugian yang ada di pasar monopolistik? Perhatikanlah kurva di bawah ini dengan saksama!

Kurva laba maksimum dalam pasar persaingan monopolistik

Kurva laba maksimum dalam pasar persaingan monopolistik

Gambar di atas merupakan kondisi laba maksimum perusahaan monopolistik dicerminkan apabila perusahaan berproduksi secara terus-menerus sampai pada tingkat MR = MC. Kurva mencapai keuntungan jika jumlah barang output yang diproduksi sebesar Qdengan tingkat harga P.Jumlah keuntungan maksimum yang diperoleh perusahaan monopolistik ditunjukkan oleh segi empat PABC . sedangkan keuntungan normal jangka panjang perusahaan ditunjukkan oleh segi empat CBFG.

Kurva kerugian dalam pasar persaingan monopolistik

Kurva kerugian dalam pasar persaingan monopolistik

Gambar di atas menunjukkan biaya ratarata (AC) lebih tinggi daripada tingkat harga yang diminta (P) pada output sebanyak Q. Artinya bahwa perusahaan mengalami kerugian yang ditunjukkan pada segi empat CABP. Tingkat kerugian dapat diminimalkan apabila keadaan MR = MCtercapai. Artinya perusahaan harus memproduksi barang sejumlah Q.

Baca : Pengertian Pasar Monopoli & Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik & Ciri-Cirinya | admin | 4.5