Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB), Sebelum kita dapat menghitung pendapatan nasional terlebih dahulu kita harus tahu apa yang dimaksud dengan Produk Domestik Bruto (PDB)/Gross Domestic Product (GDP), karena PDB merupakan salah satu instrumen penting untuk dapat menghitung pendapatan nasional. PDB merupakan nilai dari akhir keseluruhan barang/jasa yang dihasilkan oleh semua unit ekonomi dalam suatu negara, termasuk barang dan jasa yang dihasilkan warga negara lain yang tinggal di negara tersebut.

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)Penghitungan nilai PDB dapat dilakukan atas dua macam dasar harga yaitu :

  • PDB atas dasar harga berlaku, merupakan PDB yang dihitung dengan dasar harga yang berlaku pada tahun tersebut. PDB atas dasar harga berlaku berfungsi untuk melihat dinamika/perkembangan struktur ekonomi yang riil pada tahun tersebut.
  • PDB atas dasar harga konstan, merupakan PDB yang dihitung dengan dasar harga yang berlaku pada tahun tertentu. PDB atas dasar harga konstan berfungsi untuk melihat pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun. Contohnya jika kita ingin mengetahui berapa persen kenaikan PDB dari tahun 1998, 1999 dan tahun 2000, karena nilai/harga suatu produk tiap tahun berubah-ubah maka kita harus mengubah nilai PDB tahun 1998 dan 1999 dengan dasar harga tahun 2000 sehingga akan terlihat dengan jelas besaran kenaikan dari tiap tahunnya.

Komponen-Komponen Produk Domestik Bruto

a. Konsumsi rumah tangga

b. Investasi

c. Konsumsi pemerintah

d. Ekspor bersih, yang merupakan selisih dari total ekspor dan impor.

Rumus Mencari PDB

Berdasarkan komponen-komponen tersebut, maka dirumuskan seperti dibawah ini..

PDB = C + I + G + (X-M) 

Keterangan : 

C : Konsumsi rumah tangga

I  : Investasi

G : Konsumsi pemerintah

X : Ekspor

M : Impor

Dari rumus tersebut, dapat dijelaskan bahwa apabila konsumsi bertambah makan akan berpengaruh pada PDB yang akan meningkat pula. Begitu juga dengan Investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor bersih apabila mengalami peningkatan maka jumlah PDB akan meningkat, hal ini dikarenakan komponen-komponen tersebut berada dalam satu fungsi linier. Oleh karena itu, setiap negara selalu berusaha untuk meningkatkan konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, dan nilai ekspor bersih.

Baca : Masalah Pemerintah di Bidang Ekonomi

Secara kasar PDB dapat dijadikan ukuran kesejahteraan ekonomi suatu negara, akan tetapi ukuran ini tidak terlalu tepat. Mengapa dikatakan tidak tepat karena jika hanya melihat PDB, perhitungan tersebut masih mengabaikan faktor jumlah penduduk.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) | admin | 4.5