Terbentuknya Harga Keseimbangan

Terbentuknya Harga Keseimbangan – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Terbentuknya Harga Keseimbangan. Masih ingatkah kamu pembahasan kita mengenai permintaan dan penawaran? Hal apa yang berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran? Bukankah harga merupakan salah satunya? Apakah yang terjadi apabila permintaan dan penawaran bersama-sama berada dalam suatu pasar? Marilah bersama kita bahas permasalahan tersebut.

Dalam membeli barang atau jasa yang diinginkan, umumnya pembeli atau konsumen lebih suka membayar dengan harga lebih murah. Sedangkan penjual atau produsen lebih suka menjual dengan harga yang lebih tinggi. Bisakah keinginan yang berbeda itu saling bertemu? Kapan itu bisa terjadi?

Awal mulanya, pada harga yang rendah, pembeli akan menambah permintaan, sedangkan penjual akan sedikit menawarkan barang dan jasanya. Karena penawaran sedikit maka barang dan jasa susah diperoleh. Hal ini otomatis akan mendorong harga menjadi naik. Harga yang naik akan mengurangi permintaan, dan di sisi lain akan menambah penawaran. Hal yang demikian terjadi secara terus-menerus, sehingga suatu saat pada harga tertentu, jumlah yang diminta (permintaan) sama persis dengan jumlah yang ditawarkan (penawaran). Harga yang terjadi saat jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan inilah yang disebut harga keseimbangan. Istilah lain dari harga keseimbangan adalah harga pasar.

Harga, permintaan, dan penawaran merupakan tiga variabel ekonomi yang saling memengaruhi. Permintaan dan penawaran dapat dipengaruhi oleh harga, begitu juga sebaliknya. Harga suatu barang dan jumlah barang yang diperjualbelikan, ditentukan oleh permintaan dan penawaran barang. Atau dengan kata lain harga sesuatu barang dan jumlah barang yang diperjualbelikan dapat ditentukan dengan melihat keseimbangan antara permintaan dan penawaran di suatu pasar.

Baca : Pengertian Harga dan Harga Keseimbangan

Keadaan dikatakan dalam keadaan keseimbangan (equilibrium)jika jumlah yang ditawarkan oleh para penjual/produsen pada suatu tingkat harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta oleh para pembeli pada harga tersebut. Jadi, secara grafis harga keseimbangan ini terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.

Perhatikanlah proses terbentuknya keseimbangan pasar melalui tabel berikut ini!proses terbentuknya keseimbangan pasar

Keseimbangan pasar terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Kurva keseimbangan antara permintaan dan penawaran

Kurva keseimbangan antara permintaan dan penawaran

Keterangan:

Pada harga Rp3.000,00 terjadi jumlah yang sama antara permintaan dan penawaran yaitu sebanyak 700. Titik E menunjukkan perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran yang sering disebut harga keseimbangan (equilibrium price). Hal ini bisa terjadi saat jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Itu merupakan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Terbentuknya Harga Keseimbangan dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Terbentuknya Harga Keseimbangan | admin | 4.5