Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional

Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional – Pada kesempatan ini admin tongkis.com akan berbagi tentang Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak dengan baik penjelasan berikut ini.

Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional

Tujuan mempelajari perhitungan pendapatan nasional, sebagai berikut.

  • Untuk melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran.
  • Untuk memperoleh taksiran akurat tentang nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu masyarakat dalam satu tahun.
  • Untuk mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.
  • Untuk membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka guna mencapai tujuan pembangunan nasional.

Tujuan Perhitungan Pendapatan NasionalKita tahu bahwa negara Indonesia adalah negara yang luas, subur dan kaya akan sumber daya alam (SDA) dan juga sumber daya manusia (SDM), tetapi apakah hal itu menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai pendapatan yang besar dan termasuk negara yang kaya? Sebaliknya Jepang, negara kecil yang miskin SDA maupun SDM-nya berarti mempunyai pendapatan yang kecil? Jawabannya tentu saja tidak, karena pendapatan nasional sangat berguna untuk mengetahui kemajuan/kondisi ekonomi dalam suatu negara dalam periode waktu tertentu. Dalam konsep pendapatan nasional terdapat beberapa konsep/pengertian yang akan kita bahas satu persatu di antaranya: Pendapatan Nasional (National Income) dapat ditinjau dari tiga pendekatan, yaitu Pendekatan/Metode Produksi, Pendekatan/Metode Pengeluaran, dan Pendekatan/ Metode Pendapatan.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Setelah kalian mempelajari pendapatan nasional, mulai pengertian, cara perhitungan, komponen dan konsepnya, manfaat apa yang dapat diperoleh? Sekarang akan dikemukakan manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari pendapatan nasional.

Adapun manfaat tersebut sebagai berikut:

  1. Dapat mengetahui/menelaah struktur ekonomi suatu negara.
  2. Dapat membandingkan perekonomian suatu negara, masyarakat bahkan keluarga dari suatu waktu ke waktu lainnya.
  3. Dapat membandingkan perekonomian antardaerah.
  4. Dapat menghitung atau memperkirakan pendapatan pribadi atau keluarga dalam satu periode tertentu.

Sekarang anda sudah paham kan Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional dan manfaat daripada perhitungan pendapatan nasional.

Baca :

Demikianlah pembahasan singkat tentang Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional dari admin tongkis.com, semoga bermanfaat. [ts]

Tujuan Perhitungan Pendapatan Nasional | admin | 4.5